Waspada, Teroris Bisa Manfaatkan Kesempatan untuk Makar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia Islah Bahrawi menegaskan kelompok teroris bisa manfaatkan kesempatan untuk melakukan gerakan makar. Menurutnya, itu pernah terjadi di kawasan Timur Tengah pada momentum Arab Spring yang menyebabkan kehancuran negara-negara Arab.

“Ini persoalan momentum mereka pasti akan lakukan gerakan makar atau yang sifatnya politis, ini terjadi di Arab Spring,” kata Islah kepada Mata Indonesia News, Selasa 2 Maret 2021.

Islah juga menyandingkan dengan peristiwa kejatuhan negara-negara Arab seperti di Libya, Sudan dan Somalia. Dalam momentum itu, terjadi perebutan kekuasaan yang juga melibatkan kelompok teroris.

Kondisi ini juga pernah dikhawatirkan oleh mantan Alumni Pelatihan Militer Afghanistan Indonesia Ahmad Sajuli. Ia pernah menyoroti gerakan #2019gantipresiden yang terjadi di Indonesia. Ahmad menilai hal ini rentan dimanfaatkan oleh kelompok jihadis lokal.

“Chaos adalah peluang bagi “jihadis” untuk mengambil peran, mereka mendambakan chaos di suatu negara,” kata Ahmad Sajuli.

Ketua Forum Komunikasi Alumni Afghanistan Indonesia ini juga pernah memperingatkan terhadap bahaya yang bisa timbul karena para jihadis terus menunggu momentum konflik untuk bisa masuk.

Ia mencontohkan dua kelompok teroris internasional yakni Al-Qaeda dan ISIS, yang memiliki kesamaan yakni memanfaatkan kekacauan untuk melakukan gerakan revolusioner. Ini adalah ancaman terhadap keutuhan negara karena bisa memicu perpecahan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini