Waspada Stres di Tengah Wabah Corona, Begini Cara Atasinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Salah satu faktor non medis yang harus diperhatikan pada saat wabah Covid19 yang diakibatkan virus corona sekarang adalah mengelola stres. Sebab, gelombang informasi soal wabah itu telah membuat masyarakat cemas.

Ahli Kesehatan Otak dan Penuaan The University of California, Los Angeles (UCLA) Dr Gary Small mengatakan kesehatan mental harus menjadi prioritas utama saat wabah ini berlangsung.

“Stres kronis dapat mengancam dan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mempengaruhi kemampuan untuk melawan infeksi,” ujar Gary dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu 19 April 2020.

Stres juga dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental. Keluarga, teman, atau komunitas dapat membantu mengatasi stres dan mengelola kesehatan mental. Dalam kondisi sekarang teknologi memungkinkan untuk tetap dapat berinteraksi.

Gary yang juga Direktur Kesehatan dan Nutrisi Herbalife Nutrition menjelaskan banyak masyarakat mengalami kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan pikiran lainnya selama pandemi Covid19, karena paparan informasi.

Ia menyarankan masyarakat mengelola tingkat stres pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebab setiap orang memiliki tingkat stres yang berbeda.

Garry pun membagi tips soal upaya mengenali tingkat stres yang diderita.

Pertama, lakukan identifikasi gejala stres, dengan ciri-ciri nyeri gigi, berat badan naik, sakit kepala, perubahan suasana hati, sakit punggung dan leher, dan kurang tidur malam. Itu semua sinyal mengalami stres.

Kedua, mencari pemicu stres. Contohnya, jika bekerja dari rumah atau menonton berita membuat cemas, jengkel, atau mengalami sakit kepala atau leher, segera berdiri dan berhenti sejenak.

Kemudian mendengarkan musik atau pergi ke tempat yang tenang untuk bersantai dapat membantu mengatur ulang kondisi mental dan kembali bekerja.

Ketiga, mengatur jadwal dengan menjadwalkan ulang kegiatan sehari-hari dengan beristirahat yang cukup dari pekerjaan, menonton atau membaca berita, dan bersosial media.

Keempat, melakukan kegiatan yang kreatif, yakni dengan menghabiskan waktu untuk mencari kegiatan yang baru atau melakukan hobi. Hal itu membantu seseorang menjadi rileks.

Kelima, menerapkan pernapasan untuk relaksasi.

Keenam, berolahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Selanjutnya, tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman dekat. Terakhir, menjaga rutinitas dengan konsisten melakukan kegiatan yang bisa dilakukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini