Waspada! Presiden Jokowi Sebut 70 Persen Kasus Positif Virus Corona di Pulau Jawa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Evaluasi terus dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penerapan PSBB. Dirinya mengungkap bahwa berdasarkan data dari gugus tugas penanganan virus corona, 70 persen kasus positif ditemukan di Pulau Jawa. Begitu juga dengan angka tertinggi kematian yang sebanyak 82 persen ada di Pulau Jawa.

Oleh karena itu, ia menginstruksikan gugus tugas agar memastikan upaya pengendalian Covid-19 di lima provinsi di Pulau Jawa betul-betul dilakukan secara efektif, terutama dalam waktu dua pekan ke depan.

“Terutama dalam waktu dua minggu ke depan ini. Kesempatan kita mungkin sampai Lebaran itu harus betul-betul kita gunakan,” kata Jokowi Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Selasa 12 Mei 2020

Pelaksanaan PSBB untuk menekan angka penyebaran dan penularan virus corona ini sudah dilakukan di empat provinsi dan 72 kabupaten/kota. Jokowi menyebut, dari 10 provinsi dengan kasus positif terbanyak, hanya tiga provinsi di antaranya yang berstatus PSBB yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Barat.

“Tujuh provinsi lainnya masih non PSBB,” kata dia.

Oleh karena itu, ia juga meminta agar dilakukan evaluasi baik terhadap wilayah yang menjalankan PSBB maupun yang tidak memberlakukan namun menjalankan protokol kesehatan.

Jokowi mengatakan, meskipun tak menerapkan PSBB, tetapi di sejumlah wilayah lainnya juga melakukan beberapa inovasi kebijakan di lapangan untuk membatasi kegiatan masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini