Waspada Mutasi Virus SARS-Cov-2 Sanggup Turunkan Netralisasi Antibodi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mutasi Virus SARS-CoV-2 penyebab Covid19 merupakan upaya mikroorganisma itu berevolusi dalam satu tahun terakhir ini. Hal yang harus menjadi perhatian kita semua berdasarkan hasil penelitian mutasi yang dibernama E484K itu menurunkan kemampuan netralisasi antibodi terhadap Virus SARS-CoV-2.

Pesan pakar biologi molekuler, Riza Putranto PhD yang diterima Mata Indonesia News, Selasa 29 Maret 2021 mengingatkan kita semua agar waspada terhadap mutasi tersebut karena berpotensi mengganggu program vaksinasi.

“Mutasi ini penting dan menjadi perhatian karena beberapa hasil penelitian menunjukkan potensi mutasi E484K menurunkan kemampuan netralisasi antibodi terhadap virus SARS-CoV-2,” ujar Riza.

Cara paling ampuh mencegah penularan Virus SARS-CoV-2 semakin meluas adalah masyarakat harus semakin meningkatkan disiplin menegakkan protokol kesehatan.

Protokol itu adalah 5 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, menyuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi keluar rumah.

Sedangkan pemerintah terutama otoritas kesehatan serius menegakkan rangkaian tes-lacak-isolasi/mengobati.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini