Waspada! Ideologi Terorisme Dibungkus Setiment Agama Mulai Menyusup

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli mengajak semua pihak untuk mewaspadai ideologi terorisme yang berkaitan dengan sentiment agama.

“Dengan maksud mencapai tujuan mereka, perlu edukasi kepada seluruh masyarakat sehingga menggandeng tokoh-tokoh agama di seluruh Indonesia agar ada interaksi kepada masyarakat dan langkah-langkah moderasi dalam beragama,” katanya.

Ancaman terorisme kata dia, hanya bisa diatasi bersama-sama. Khususnya, seluruh kementerian lembaga, tokoh pemuka agama, dan tokoh masyarakat hingga tokoh adat. Semua pihak harus membangun kekuatan dan ketahanan bangsa dari ideologi-ideologi terorisme.

Menurut dia, ideologi terorisme memiliki karakteristik intoleran, radikal, dan menghalalkan segala cara. Termasuk menggunakan kekerasan untuk menyusupkan ideologinya yang bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia, yakni Pancasila.

“Kalau anggap ini sebagai virus radikal maka harus menemukan vaksinnya, dan coba membangun semangat penguatan nilai-nilai kebangsaan kita berdasarkan Pancasila dan mengakomodir keberagaman suku, ras, agama, dan golongan. Semangat hidup rukun di tengah keberagaman merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia yang beragam,” kata Boy.

Dia ingin seluruh pihak meningkatkan kewaspadaan. Tujuannya, pengusung terorisme tidak sampai ke tengah-tengah masyarakat.

“Penting juga mengingatkan bahwa terorisme merupakan kejahatan yang tidak bisa diberikan tempat dan penjara tidak boleh kalah dengan terorisme,” ujarnya.

Boy mengajak seluruh unsur bergandeng tangan, bekerja, berkolaborasi, memerangi segala potensi ancaman yang berkaitan dengan kejahatan terorisme. Aksi terorisme harus diantisipasi.

“Bersama dengan tokoh-tokoh bagaimana terus menjadikan peristiwa kekerasan perkara di masa lalu adalah modal untuk membangun ke depan kehidupan masyarakat yang lebih baik,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini