Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Hari Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Buat kalian yang berada di sepanjang garis pantai mesti waspada. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini potensi terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan pada hari ini, Minggu 21 Juli 2019.

Salah satu perairan yang berpotensi terjadinya gelombang tinggi adalah di Selat Sunda, tepatnya di bagian selatan Banten dan Samudera Hindia.

Warga Lampung juga mesti waspada. Potensi gelombang mencapai 1,25 sampai 2,5 meter di Selat Sunda bagian utara perairan timur Lampung. Lebih parahnya, di perairan barat Lampung potensi gelombang lebih tinggi yakni 2,50 sampai 4 meter.

Lalu di bagian Indonesia timur, di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) potensi gelombang mencapai 2 meter terjadi di Selata Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Laut Sumbawa, perairan selatan Sumbawa, Samudera Hindiabagian selatan NTB dan Selat Sape.

Selanjutnya, Sulawesi Selatan diperkirakan terjadi gelombang tinggi 1,25 sampai 2,5 meter atau masuk kategori moderat, yakni di Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulawesi Selatan, Perairan Kepulauan Sabalana, Perairan Kepulauan Selayar, Teluk Bone bagian selatan dan Laut Flores.

Pulau Dewata Bali juga akan mengalami gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2,0 meter atau lebih, berpotensi terjadi di Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, perairan selatan Bali dan Samudera Hindia bagian selatan Bali.

Di Bengkulu, gelombang laut tinggi mencapai 5,0 meter berpotensi terjadi di perairan Bengkulu-Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Buruknya, Jawa Tengah juga berpotensi mengalami gelombang tinggi 1,25-2,50 meter berpotensi terjadi di wilayah Laut Jawa dan gelombang tinggi 4,0-6,0 meter di wilayah perairan selatan Jawa Tengah.

Sementara itu, di perairan selatan Yogyakarta, potensi gelombang tinggi mencapai 2,5-3,5 meter dan di perairan selatan Kalimantan Tengah tinggi gelombang berkisar 1,25-2,50 meter.

Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di sejumlah wilayah perairan NTT serta di perairan Tambelan dan Lingga, Kepulauan Riau. Khusus untuk Kepulauan Riau, BMKG menyatakan arus laut pada Minggu akan terjadi cukup kuat.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini