Waspada! Gejala Hipoglikemia Intai Penderita Diabetes Saat Berpuasa

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Selama lebih dari 12 jam orang berpuasa menahan lapar dari makan dan minum. Nah, saat tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam waktu yang lama, hati-hati dengan kondisi Hipoglikemia.

Ahli endokrinologi, dr Ketut Suastika mengatakan hipoglikemia merupakan kondisi kadar gula darah rendah di bawah 70 mg/dL. Kondisi ini lebih sering terjadi saat bulan puasa.

“Dalam studi di 13 negara dengan mayoritas berpenduduk Muslim, kejadian hipoglikemia lebih besar terjadi saat puasa dibandingkan tidak puasa,” kata Ketut.

Kondisi ini juga lebih sering terjadi pada orang dengan diabetes. Dalam jangka pendek, hipoglikemia dapat membuat orang tidak sadarkan diri. Sementara dalam jangka panjang, apabila terus-terusan terjadi, kondisi ini dapat memicu penyakit jantung.

Hipoglikemia ditandai dengan penurunan energi yang membuat jantung berdebar, tremor, gelisah, berkeringat, dan kesemutan. Pada gejala yang berat, kondisi ini membuat otak kekurangan makanan sehingga dapat tiba-tiba menjadi lesu, lemas, kejang-kejang, koma, bahkan kematian jika gula darah sudah terlalu rendah.

“Makin rendah gula darah, makin tinggi tingkat kematian,” kata mantan rektor Universitas Udayana ini.

Sebagai penanganan pertama, orang dengan hipoglikemia mesti langsung diberikan karbohidrat bentuk apa saja untuk meningkatkan kadar gula darah. Ketut juga menyarankan agar orang dengan diabetes berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan berpuasa.

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini