Waspada Cuaca Ekstrem Akibat Siklon Tropis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Awas cuaca ekstrem. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan adanya siklon tropis yang diprediksi terjadi di Indonesia mulai Senin (5/4) pukul 01.00 WIB. Kondisi itu dapat menimbulkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia.

Dikutip dari Antara Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan siklon yang dinamakan siklon tropis seroja itu terbentuk dari bibit siklon yang semakin menguat.

”Saat siklon tropis itu masih bibit saja sudah menimbulkan bencana, apalagi kalau sudah benar-benar siklon tropis,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Minggu (4/4).

Bibit siklon tropis memberikan dampak berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir serta angin kencang di NTT, NTB, Sulawesi Selatan , Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku, serta bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah di NTT.

Cuaca ekstrem juga akan mengakibatkan terjadinya gelombang laut dengan ketinggian 1,25-2,5 meter di Selat Sumba bagian timur, Selat Sape, Laut Sumbawa , Perairan Sumbawa hingga Flores, Selat Wetar, Perairan Kepulauan Selayar, Perairan selatan Baubau-Kepulauan Wakatobi , Perairan Kepulauan Serata-Leti, Laut Banda bagian utara dan Laut Arafuru bagian barat.
Kemudian gelombang laut dengan ketinggian 2,5-4,0 meter di Selat Sumba bagian barat, Laut Flores, Perairan selatan Flores, Perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sawu, Selat Ombai dan Laut Banda selatan bagian barat.
Selain itu juga menyebabkan gelombang laut dengan ketinggian 4,0-6,0 meter di Perairan Kupang-Pulau Rote, Samudra Hindia selatan NTT dan Laut Timor selatan NTT.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini