Waspada Corona! Kemenkes Singapura Imbau Warganya Bersihkan Ponsel

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wabah virus corona atau covid-19 membuat masyarakat di berbagai negara ketakutan sehingga terus melakukan pencegahan, di antaranya menggunakan masker dan sering mencuci tangan juga sering kali dilakukan.

Namun, ada yang terlewatkan dan itu merupakan hal yang penting untuk menghindari virus yakni membersihkan layar handphone. Hal ini pun menjadi perhatian Direktur layanan medis di Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak.

Mak mengatakan masyarakat sebaiknya lebih waspada dengan apa yang mereka sentuh. Bagi Mak, barang yang saat ini sering disentuh adalah ponsel. Jadi, penggunaan masker sebenarnya tidak penting.

Berbagai penelitian ilmiah telah menemukan bahwa smartphone mengandung lebih banyak kuman daripada kursi toilet. Hal tersebut didasarkan pada realita bahwa ponsel kerap kali menjadi barang yang sering dipegang, bahkan pada saat ke toilet, yaitu tempat semua kotoran berkumpul.

Karena itu, cara yang paling cepat untuk membatasi kontaminasi virus yaitu dengan menghindari pembawaan atau penggunaan ponsel ke dalam toilet. Terlebih lagi, dalam penggunaannya ponsel kerap kali menyentuh mata, hidung, dan bibir, yaitu lokasi yang menjadi poin kunci virus corona menginfeksi tubuh manusia.

Menurut sebuah studi tahun 2018 oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat pembersih UV smartphone adalah metode paling efektif untuk membunuh kuman.

Studi tersebut juga menekankan bahwa celah antara ponsel dengan kasing mengandung lebih banyak bakteri daripada layar, sehingga perlu untuk lebih diperhatikan.

Selain itu, penggunaan larutan alkohol juga dianggap efektif. Ahli mikrobiologi, Charles Gerba, mengatakan bahwa larutan alkohol ini dapat dibuat di rumah dengan menggabungkan 60 persen air dengan 40 persen alkohol gosok.

Proses pembersihannya yaitu dengan menyeka telepon menggunakan kain microfiber, kapas, atau bantalan kapas yang dibasahi dengan sedikit campuran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini