Waspada, 26 Daerah Ini Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan untuk 26 daerah, yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.

Cuaca ekstrem ini disebabkan kondisi dinamika atmosfer yang tak stabil, dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Tekanan rendah di sekitar wilayah Australia dan munculnya sirkulasi siklonik di wilayah utara Indonesia juga berpengaruh pada pola arah dan kecepatan angin, sehingga meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian daerah.

“Selain itu, kondisi labilitas atmosfer yang kuat di sebagian wilayah Indonesia dapat turut berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan hujan dalam skala lokal,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis, Selasa 9 Februari 2021.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah berikut:

1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Jambi
5. Bengkulu
6. Sumatera Selatan
7. Lampung
8. Banten
9. Jawa Barat
10. Jawa Tengah
11. DI Yogyakarta
12. Jawa Timur
13. Bali
14. Nusa Tenggara Barat
15. Nusa Tenggara Timur
16. Kalimantan Tengah
17. Kalimantan Selatan
18. Kalimantan Timur
19. Kalimantan Utara
20. Sulawesi Tengah
21. Sulawesi Selatan
22. Sulawesi Tenggara
23. Maluku Utara
24. Maluku
25. Papua Barat
26. Papua

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini