Waspada! 2 Anak SMA Temukan Asteroid Bergerak Menuju Bumi
Ilustrasi Asteroid (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dua anak SMA di India, Vaidehi Vekariya dan Radhika Lakhani menemukan sebuah asteroid yang orbitnya dekat Planet Mars. Asteroid bernama HLV2514 tersebut diketahui tengah bergerak menuju ke arah Bumi.

Namun jangan khawatir, asteroid ini tidak akan mendekati Bumi dalam waktu dekat. Asteroid ini butuh waktu 1 juta tahun untuk mendekati Bumi selama 1 juta tahun, itupun masih akan 10 kali lebih jauh dari Bulan.

Melansir USA Today, dua siswa yang kini masih duduk di bangku kelas X SMA tersebut menemukan fenomena langit ini saat sedang berpartisipasi dalam sebuah proyek sains yang didukung oleh Space India dan NASA.

Vaidehi dan Radhika menggunakan software khusus untuk menganalisa gambar yang ditangkap oleh teleskop luar angkasa Pan-STARRS di Hawaii dan temuan tersebut teridentifikasi di bulan Juni.

Dalam wawancara kepada Reuters, dua gadis jenius yang tinggal di Surat, Gujarat, India bagian barat ini bercerita, mereka memberi nama asteroid secara acak untuk saat ini. Namun mereka menantikan kesempatan untuk kemungkinan nama tersebut dikonfirmasi.

“Kami ingin dapat kesempatan memberi nama asteroid itu,” kata Vaidehi.

Sementara itu, Radhika mengatakan dia sangat bekerja keras untuk pendidikannya. Sehingga wajar jika temuan asteroid ini menjadi sebuah pencapaian tersendiri buatnya.

“Saya bahkan tidak punya TV di rumah supaya saya bisa konsetrasi belajar,” ujarnya.

Terkait asteroid temuan keduanya, NASA menyebutkan baru akan menamainya secara resmi jika sudah terkonfirmasi orbitnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here