Wasiat Jokowi ke Mendagri ke Tito, Ingatkan Anies Dkk Soal APBD

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan wasiat khusus kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Wasiat itu diberikan sebagai upaya Indonesia memitigasi dampak corona virus (COVID-19) terhadap perekonomian nasional.

Instruksi disampaikan saat memimpin rapat terbatas membahas dampak virus COVID-19 terhadap perekonomian Indonesia di Kantor Presiden, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, 25 Februari lalu.

“Untuk Mendagri, kami ingatkan agar diingatkan kepada gubernur, bupati, wali kota agar segera realisasikan belanja APBD di daerah masing masing,” kata Jokowi.

Pun ia meminta seluruh kementerian dan lembaga untuk mempercepat proses penyerapan anggaran, agar bisa menjadi daya dongkrak bagi perekonomian nasional. “Pastikan mengenai percepatan pencairan dana desa. Saya tahu beberapa sudah sampai di desa. Tapi segera dorong mereka agar belanja sesuai rencana yang sudah mereka miliki,” kata Jokowi.

Dirinya juga meminta program perlindungan sosial segera dieksekusi baik itu Program Keluarga Harapan (PKH). Termasuk bantuan sosial lainnya seperti program Cash for Work yang berdampak langsung bagi masyarakat.

“Saya minta agar insentif dan upaya mendorong ekonomi dilakukan secara bersamaan dan saling dukung mendukung,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi pernah berbicara soal dana APBD yang masih banyak mengendap di bank. Perlu diperingatkan Oktober-November 2019 lalu, uang yang berada di bank-bank daerah di mana APBD disimpan masih ada Rp 220 triliun.

“Sehingga tak banyak mempengaruhi ekonomi daerah. Besar sekali angka ini, memang turun di Desember akhir, sehingga tinggal Rp 110 triliun, ini juga masih angka besar,” ujarnya.

Ia meminta agar dana tersebut bisa dihabiskan dan beredar di masyarakat. Sehingga, sambung Presiden, akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. “Gubernur sampai Bupati harus sadar soal ini Jangan sampai dinas keuangan menyimpan banyak uang, jangan sampai terulang di 2020,” kata Jokowi.

Pada rakor tersebut, hadir Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sampai kepala daerah lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini