Cuaca Buruk (Foto: Ilustrasi)
Cuaca Buruk (Foto: Ilustrasi)

MATA INDONESIA, JAKARTA –¬†Untuk seluruh warga Aceh, waspada cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang yang bakal melanda pada Rabu 20 Mei 2020, seperti prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metrologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM).

Cuaca ekstrem di wilayah Aceh ini dipengaruhi oleh keberadaan sirkulasi udara siklonik di Samudera Hindia Barat.

Kepala Data dan Informasi BMKG Stasiun Metrologi Kelas I SIM Aceh Besar di Banda Aceh, Senin, menerangkan, adanya daerah sirkulasi udara siklonik di Samudera Hindia barat Bengkulu mampu mengakibatkan hujan lebat, termasuk wilayah Aceh.

“Sirkulasi siklonik terpantau di Bengkulu yang berakibat potensi hujan meningkat di daerah sirkulasi itu, dan kecepatan angin lebih 25 knots atau mencapai 47 kilometer per jam. Ketinggian gelombang laut di atas 2 meter, seperti di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera Barat,” kata Kepala Data dan Informasi BMKG Stasion Metrologi Kelas I SIM Aceh Besar, Zakaria, Senin 18 Mei 2020.

Ia berkata, ada beberapa wilayah di Aceh yang akan terdampak cuaca ekstrem tersebut, seperti Aceh Barat, Aceh Jaya, Tangse, Sabang, Aceh Tengah, Bireuen, Aceh Tamiang, Aceh Utara, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Tenggara, Lhokseumawe, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Langsa, Bener Meriah, Gayo Lues, Simeulue, Aceh Singkil, Aceh Selatan, dan sekitarnya.

Ia mengatakan, sirkulasi udara siklonik lain di Indonesia terpantau di Kalimantan bagian utara yang memberikan dampak tidak langsung bagi pulau tersebut.

Yakni, katanya, berupa terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan Utara.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here