Wapres Ma’ruf Masih ‘Ngotot’ Majukan Industri Halal Indonesia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin rupanya masih belum nyerah terhadap industri halal di Tanah Air.

Ia masih ngotot, Indonesia bisa merebut potensi pasar halal dunia yang kini tengah berkembang pesat. Pasar internasional tersebut perputaran uangnya disebut telah mencapai 2,1 triliun dolar AS sejak 2017 lalu, dengan prediksi menembus 3 triliun dolar AS pada 2023.

“Potensi pasar halal dunia ini harus kita manfaatkan,” kata Ma’ruf di Malang, Rabu 27 November 2019.

Ma’ruf menuturkan, saat ini ekspor halal Indonesia mengisi 3,8 persen total pasar halal dunia. Tapi, jangan bangga dulu, jumlah itu kalah telak bahkan dari negara yang notabene bukan negara Muslim, seperti Brasil dan Australia.

Mengutip laporan Global Islamic Economic Report 2019, Brasil adalah eksportir produk halal nomor wahid dunia, dengan capaian 5,5 miliar dolar AS, disusul Australia 2,4 miliar dolar AS.

Fakta mirisnya, Indonesia hanya terhitung sebagai konsumen terbesar, yakni dengan nilai belanja 214 miliar dolar AS untuk produk halal, atau 10 persen dari pembelanjaan konsumen dunia tahun 2018.

Kiai Ma’ruf mengaku akan lebih gembira apabila produk halal dikonsumsi oleh masyarakat sendiri. Dalam hal ini termasuk sebagai produsen dan penghasil produk halal bagi bangsa sendiri. Kemudian Indonesia dapat menjadi eksportir produk-produk halal di pasar dunia ke depannya.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini