Wapres AS Era Jimmy Carter Meninggal Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, MINNEAPOLIS – Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Walter Mondale meninggal dunia di Minneapolis di usia 93 tahun. Akan tetapi, tidak ada informasi detail mengenai penyebab kepergiannya.

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami berbagi berita bahwa ayah kami tercinta meninggal dunia,” demikian pernyataan dari pihak keluarga Walter Mondale, melansir BBC, Selasa, 20 April 2021.

Mondale merupakan pasangan Jimmy Carter yang memenangkan Pemilihan Presiden AS tahun 1976. Pasangan ini kemudian memimpin Negeri Paman Sam antara tahun 1977 hingga 1981.

Mendiang dikenal sebagai politikus Partai Demokrat terkemuka di akhir abad-10. Mantan Presiden Carter menganggap Mondale sebagai wakil presiden terbaik dalam sejarah Amerika Serikat.

Sosok Mondale juga dikenang karena memilih Geraldine Ferraro dari Partai Demokrat New York sebagai pasangannya –calon Wakil Presiden AS, untuk maju dalam Pemilihan Presiden tahun 1984. Sayang, pasangan itu kalah tipis dari Ronald Reagan yang akhirnya menjadi Presiden AS.

Sebagai catatan, dalam perjalanan kariernya, Mondale pernah menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Jepang, periode 1993-1996 atau di masa pemerintahan Presiden Bill Clinton.

Saat berusia 74 tahun atau 18 tahun kemudian, Partai Demokrat Minnesota meminta Mondale mencalonkan diri sebagai anggota Senat. Ia diminta menggantikan Senator Paul Wellstone yang meninggal dalam kecelakaan pesawat 11 hari sebelum pemilu 2002.

“Mondale adalah mitra yang tak ternilai dan pelayan yang cakap bagi rakyat Minnesota, Amerika Serikat, dan dunia. Rosalynn dan saya bergabung dengan semua orang Amerika dalam mengucap syukur atas kehidupan teladannya, dan kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarganya,” kata Jimmy Carter, melansir BBC, Selasa, 20 April 2021.

Sementara Presiden Joe Biden dan Ibu Negara, Jill Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Mondale merupakan salah satu patriot dan pegawai AS yang paling berdedikasi sebagai teman dan mentor terbaik.

“Jill dan saya memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Fritz dan keluarganya selama akhir pekan, untuk merenungkan tahun-tahun persahabatan yang kami bagi dan beberapa dari kami belajar dari dan bersandar pada satu sama lain,” kata Presiden Joe Biden.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini