Wanshan WS2400, Eks Ranpur Perang Dingin Jadi Amunisi Baru Korps Marinir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wanshan WS2400 mnejadi salah satu kendaraan tempur (ranpur) andalan Rusia (Uni Soviet) di era perang dingin. Hampir setiap pemberitaan terkait militer di Blok Timur kala itu kerap menyertakan sosok truk berukuran besar dengan sederetan roda raksasa.

Melansir indo militer, kendaraan ini sudah masuk ke tanah air dan menjadi kelengkapan operasional Resimen Kavaleri (MenKav) Korps Marinir TNI AL. Penasaran bagaimana bentuk dan spesifikasinya, simak ulasan di bawah ini.

Buatan Cina yang adopsi teknologi Rusia

Sesuai namanya, Wanshan WS2400 merupakan produk dari Cina. Namun rancangan truk ini mengambil platform truk MAZ-543 buatan Rusia, yang akrab digunakan menggotong rudal Scud. Sudah bukan isu lagi, bila sebagian besar alutsista dan perlengkapan tempur Cina diambil dari Rusia, baik secara lisensi atau ada juga yang menjiplak. Dan Seperti halnya Rusia (Uni Soviet), angkatan perang Cina juga sangat masif mengembangkan platform rudal jelajah dari peluncur truk.

Komponen mesin Pakai Produk Jerman

Meski berlabel buatan Cina, namun truk WS2400 menganut sistem ‘gado-gado’. Misalnya komponen mesin menggunakan mesin besutan Jerman, yakni Deutz turbocharged yang menghasikan tenaga 517 hp. Kabarnya saat ini mesin Deutz sudah diproduksi di Cina lewat sistem lisensi dari ZF Friedrichshafen. Posisi mesin di WS2400 ditempatkan di bawah kabin awak kemudi.

Spesifikasi

Sebagai trailer penggendong tank, Wanshan WS2400 punya bobot kosong 19 ton dan kapasitas angkut hingga 22 ton. Mobil ini juga dibekali transmisi otomatis dan penggerak roda 8×8 sehingga sangat handal melahap medan offroad. Tak hanya itu, kendaraan khusus ini juga dilengkapi teknologi central tyre inflation system.

Meski mampu melahap medan berat dan kapasitas angkut yang besar, konsumsi bahan bakar truk ini terbilang boros. situs military-today.com menyebut, per 100 km menghabiskan 70 liter solar. Kecepatan maksimum truk ini bisa hingga 70 km per jam, dan jarak tempuh sampai 650 km.

Sanggup Jalan di Kemiringan 30 derajat

Sebagai wahana offroad, WS2400 sanggup berjalan di kemiringan medan 30 derajat, dan melintasi parit sedalam 2,5 meter. Temperatur rujukan dalam operasional WS2400, ada di rentang -40 sampai 50 derajat Celcius.

Wanshan WS2400 punya dimensi panjang 11,4 meter, lebar 3,05 meter dan tinggi 2,97 meter. Hal ini membuat truk ini dapat membawa dua unit tank dengan menambahkan trailer gandeng.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini