Wajib Tau! Ini Kumpulan Hoaks Terbaru Soal Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengeluarkan rilis terkait peredaran informasi palsu (hoaks) dan disinformasi soal virus corona novel (COVID-19).

Penyebaran berita bohong ini kian menjamur pasca beredar kabar soal dua orang WNI diduga positif corona. Alhasil publik pun panik dan bingung untuk memastikan beragam berita yang berseliweran di medsos.

Berikut kumpulan hoaks dan disinformasi terbaru yang berhasil dihimpun mesin pengais konten negatif milik Kemenkominfo periode 20 Februari hingga 3 Maret 2020.

1. Tisu Basah Dapat Mengganti Fungsi Masker untuk Mencegah Virus Corona

Beredar sebuah video berawal dari Facebook, yang menampilkan seorang perempuan memperagakan penggunaan tisu basah sebagai pengganti masker. Perempuan berbaju hijau dalam video mengklaim tisu basah dapat mencegah penularan virus corona.

Faktanya, berdasarkan penelusuran tim AIS Kemenkominfo, informasi tersebut dibantah Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan Busroni.

Ia mengatakan bahwa penggunaan tisu basah untuk mencegah penyebaran virus corona adalah keliru. Busroni menegaskan, penggunaan tisu basah justru akan mempermudah partikel-partikel di udara menempel pada bagian kulit yang tidak sengaja terhirup.

Tisu basah sendiri memiliki kandungan alkohol yang hanya berfungsi untuk membersihkan area kulit yang rentan terkontaminasi.

2. Tompi Dikabarkan Membeli 20 ribu Box Masker Pasca Virus Corona Masuk Indonesia

Beredar tangkapan layar WhatsApp yang menyebutkan bahwa Dr Tompi (lebih dikenal sebagai penyanyi Jazz Indonesia) membeli masker sebanyak 20 ribu boks, usai virus corona masuk ke Indonesia.

Faktanya, informasi tersebut tidak benar. Hal ini langsung dibantah Tompi lewat akun Twitter pribadinya. Ia menegaskan bahwa informasi itu adalah hoaks.
Lihat juga: Cara Penggunaan Masker yang Tepat Berdasarkan WHO

3. Masjidil Haram Kosong Akibat Virus Corona

Beredar sebuah pesan berantai di layanan pesan instan WhatsApp yang berisi tentang Masjid Al-Haram kosong menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kegiatan umroh mulai 27 Februari 2020, hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Informasi tersebut langsung dibantah oleh Konsul Haji KJRI, Endang Jumali. Dia menyebut jumlah jemaah di Masjidil Haram memang berkurang tetapi tidak sampai kosong.

4. Viral Foto Bapak Borong Mie Instan karena Virus Corona

Viral unggahan foto di media sosial yang memperlihatkan seorang bapak sedang memborong mie instan di sebuah pusat perbelanjaan. Dalam narasi yang beredar disebutkan bahwa sang bapak membeli mie instan tersebut akibat virus corona.

Sontak, seorang perempuan bernama Laura menegaskan lewat akun Twitter-nya bahwa ia adalah anak dari bapak yang ada di dalam foto tersebut. Laura mengatakan ayahnya memborong mie instan dalam jumlah banyak karena sang ayah memiliki usaha grosir.

Untuk Temuan hoaks dan disinformasi lainnya seputar silahkan akses di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini