Ilustrasi kartu sembako murah (cakrawalanews.co)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan untuk meningkatkan manfaat tunjangan Kartu Sembako Murah dari sebelumnya senilai Rp 150.000,- menjadi Rp 200.000,- per bulan per keluarga. Hal ini tentu menjadi berita gembira bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Insentif ini merupakan bagian dari anggaran bantuan sosial yang totalnya mencapai Rp 4,5 triliun. Dana ini akan diberikan kepada 15,2 juta kelompok penerima manfaat Kartu Sembako di tengah penyebaran wabah corona.

Kartu Sembako atau yang dulunya disebut dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan yang disalurkan secara nontunai setiap bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pendaftaran dilakukan secara offline bagi yang telah memiliki KPM.

Para KPM Kartu Sembako yang telah teregistrasi di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial akan menerima pemberitahuan/undangan berisi teknis pendaftaran di kantor kelurahan/kabupaten yang telah ditentukan.

Sementara untuk KPM yang belum terdaftar dapat menghubungi perangkat pemerintah daerah seperti RT/RW setempat, perangkat desa/aparatur kelurahan.

Setelah mendapatkan undangan registrasi, data diri calon KPM akan diverifikasi di kantor registrasi setempat sebelum didaftarkan ke bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

dan jangan lupa ya, calon KPM juga perlu membawa data pelengkap seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, NIK (jika ada), dan Kode Unik Keluarga/Individu dalam Data Terpadu. Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Sembako yang berfungsi sebagai kartu non tunai untuk pengambilan bantuan pangan.

Sementara, untuk KPM yang telah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dapat langsung datang ke e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat untuk melakukan transaksi pembelian bahan pangan menggunakan KKS.


Untuk diketahui, e-warong adalah agen bank, pedagang atau pihak lain yang bekerja sama dengan bank penyalur sebagai pencairan, penukaran, atau tempat pembelian bahan pangan oleh KPM. E-warong dapat berupa pasar tradisional, warung, toko kelontong, warung desa, Rumah Pangan Kita (RPK), agen bank yang menjual bahan pangan, atau usaha eceran lainnya.

42 KOMENTAR

  1. Saya tinggal di Tanjung pinang ,Kepri,
    Kami SDH mengajukan kekantor lurah utk pengurusan KKS,tp gak digubris sedikitpun,pd hal kami BKN pura2 miskin,bahkan dibawah garis kemiskinan,kiranya para petugas boleh mensurvey dengan jujur.
    Bahkan apapun bentuk bantuan dr pemerintah gak pernah sampai ke kami,terkadang kami hanya melihat2 tetangga yg mendapatkan bantuan,sementara kami sering kurang makan…walau begitu aku tetap cinta kepada negeriku ini,kiranya para pemimpin2 diberi ini diberikan kemampuan utk menghadapi persoalan yg ada…..

    • Betul itu saya aja yg hidup nya di bawah garis miskin juga tidak dapat batuan,sedangkan tetangga saya yg bisa di bilang lebih berkecukupan dari pada saya kok bisa dapat

  2. Kalau ktp saya depok tapi saya tinggal di tangsel bagsimana daftar nya.sedangkan saya belum pernah dapat sensus atau subsidi dari pemerintah.bagaimana ya daftar nya.

  3. Saya sekeluarga sebagai masyarakat miskin tidak mendapat bantuan apapun dari pemerintah. Jangankan untuk mendapatkannya,,untuk informasinya saja pun tidak kami ketahui bahkan tidak pernah kami mendapat kabar tersebut dari kelurahan kami di Medan krio. Mungkin para keluarga pegawai kelurahan itu saja yang mendapatkannya. Bukan buat kami warga miskin dan tidak mampu

  4. Keluarga saya di bangkalan. Pengajuan saya tidak di gubris sama lurah setempat yg dpt hanya mreka yg hidup mewah bisa di cek kesini

  5. Saya seorang single. Punya anak tdk punya penghasilan bagaimana cara nya utk bisa dapat kartu sembako.
    Selama ini saya tinggal masih numpang .saya sangat mebgharapkan bantuan kartu sembako.saya sdh minta izin sama RT..tetapi tdk bisa .mohon bantuan nya .

  6. Saya tinggal di Jln. Pintu Air IV Gg. Maju IX, Kel. Kwala Bekala, Kec. Medan Johor.
    Saya sekedar menginformasikan : Tolong terjun langsung ke Lapangan apakah smua bantuan2 sosial tepat sasaran. Kepling disini tolong diganti. Daerah saya khususnya, banyak ibu2 janda, anak2 yatim, anak2 piatu. Tidak mendapat satu pun program bansos Pemerintah. Tolong ditindak lanjuti. Trims

  7. Saya tinggal di kayu manis Matraman
    Selama ini saya tidak pernah mendapatkan bantuan sosial apapun dari pemerintah padahal suami saya hanya driver ojol dan saya ibu rumah tangga biasa dengan tiga anak yang masih kecil kecil,di lingkungan saya para aparatnya tidak transparan dan maaf untuk dana dana tersebut hanya diberikan kepada orang orang yang dekat dengan mereka saja sedangkan warga lain yang sangat membutuhkan namun jauh hubungannya dengan RT atau RW dihiraukan ,nah saat ini dimana wabah Corona ini sedang melanda negeri Indonesia bapak presiden mengeluarkan ketetapan diantaranya adalah pemberian kartu sembako sedangkan saya tidak punya kartu itu maka dimana saya bisa daftar untuk dapat kartu sembako tersebut dan apabila dari aparat tempat saya tinggal tidak mau membantu apakah saya bisa melaporkan dan kemana saya bisa melaporkan .terima kasih atas bantuan jawabannua

  8. Sya seorang singel 3orang anak,sya ga perkerja tetap, bagai mana cara dapetin kartu sbako murah, sya warga jakarta pusat kemayoran, dr pihak stempat ga pernah ada pendataan, terhadap penghuni rumah kos/kontrakan πŸ™πŸ™πŸ™πŸ˜’πŸ˜’

  9. Kalau daerah Kotawaringin timur sampit daftar nya gimana yah soal nya RT kami tidak mau daftar kan jadi harus lapor kemana ni?

  10. Orang miskin skrng hebat2 udh ngerti cara komentar di bloker…
    Pasti hp ya bagus..
    Pasti wawasan ya luas…
    Krn update berita saat ini.
    Kok ngaku miskin…
    #aneh

    • Orangnya mungkin miskin tapi bukan berarti bodoh kan … untuk masalah hp sekarang banyak yang murah tidak perlu hp mahal untuk mencari informasi

    • Apakah orang miskin tidak boleh mempunyai wawasan luas? Tidak hanya hp yg mahal yg bisa bisa utk internetan pak, hp murah dg paket sekedarnya jg bisa kok utk internetan..

  11. Saya single parent yg kerja borongan di pabrik.gaji tak menentu.prnh memibta pada kepling tuk dpt kartu keluarga sejahtera tp gk prnh terealisasi mpe skrg.tlg donk pak gmn carany spy sy bisa dpt kartu itu.

  12. Saya warga di Kelurahan Kampung Baru Lubuk Begalung Padang Sumatra Barat, bantuan ini entah kemana sampai nya, sekian lama saya tinggal dengan kondisi pas pas tapi tidak sekalipun mendapat Bantuan seperti ini, entalah apakah bantuan ini hanya untuk keluarga yang kerja di kelurahan atau ketua RT saja, namun tak pernah sampai ke saya

  13. Mohon petunjuk untuk mendapatkan bansos di DKI, dari semenjak punya KTP DKI thn 1980 sampai umur kepala 6 .. punya BPJS PBI thn 2019 baru punya

  14. ibu saya janda miskin tidak pernah mendapatkan bantuan apapun. baik itu kartu lansia jakarta atau bantuan non tunai. sedangkan saya pekerja informal yang saat ini dirumahkan sampai tahun ajaran baru anak sekolah dimulai kembali. pendapatan saya benar benar terhenti selama masa pendemi covid19 belum berakhir. saat ini saya klo ada yang nyuruh apa saja baru bisa dapat uang buat makan sehari hari. atau kalo saya dapat kiriman dari temen temen saya yang baik. mohon perhatian dari pihak terkait. alamat saya di jalan dasa 5 rt 007 rw 01 no 15kelurahan gandaria utara keb baru jakarta selatan. mohon tindak lanjutnya

  15. Mohon pada pemerintah utk setiap 3th/5th sekali didata ulang, biar tepat sasaran, karena tiap2 keluarga keadaan ekonominya tiap 3thn belum tentu sama.

  16. Tolong pada pemerintah utk memperhatikan betul hal ini. Contohnya pendataan ulang supaya dilakukan tiap 3th/5thn sekali,
    Karena waktu semakin berjalan sementara kemampuan ekonomi tiap keluarga dalam jangka 3th/5th byk perubahan. Dan kasihan sekali masyarakat yg tdk mempunyai kartu sembako, listrik bersubsidi,kis,bpjs, kip dll.
    smentara yg mkin kehidupannya semakin baik mendapatkan fasilitas tersebut terus menerus
    entah sampai kapan, tolong pemerintah memprhatikan hal ini ,apalagi kita semua merasakan dampak covid19 ini
    Trimakasih

  17. Saya een novrianto,saya tinggal di palembang,saya orang tidak mampu pak,kenapa saya tidak satu pun dapat bantuan,rt saya pun tidak ada omongan untuk bantu kami mendapat kan batuan dari pemerinta tolong pak,bantu kami yg tidak mampu ini

  18. semua bantuan yg diberikan tdk tepat sasaran..yang dapet bantuanya hanya orang2 yang dipercaya ngurusin aja dan yg diberikan cuma sodara2 terdekat nya aja sisa nya baru dikasih warganya itupun kalau sisa. miris banged semoga kalian smua yang berbuat curang allah cepet kasih teguran ya sama allah.amin

  19. Saya tinggal di pondok aren ujung kenari jurang mangu rt.007 rw.011 mungkin krn saya mengontrak jd tidak dianggap justru pengontrak itu yg sangat butuh bantuan.

  20. Pondok aren ujung kenari jurang mangu rt.007 rw.011 jakarta selatan.Dr minggu kemarin sudah turun bantuan,tp sy pengontrak janda anak 2 terlewatkan lucu

  21. Saya wiranto dari jaten kabupaten psmalang kecamatan watukumpul kelurahan desa bongas saya kok ngga psrnah dapet banfuan apapun dari pemerinah y sedangkan saya hidup pas”an saya bekerja jadi kuli bangunan irupun kalau lg ada saya mempunyai anak 2 satu perempuan satu laki” anak yg pertama sekolah kls 3 sd anak yg je 2 masih umur 2th tolong mnta kebijakan nya dari pemerintah

  22. Saya seorang single parent dengan 8 orang anak…saya bekerja sendiri untuk menghidupi keluarga saya,saya belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah,mulai dari kartu indonesia pintar,kartu indonesia sehat atau yang sekarang kartu sembako,sedangkan hidup saya di bawah garis kemiskinan,tolong saya bagaimana cara saya mendapatkan bantuan dari pemerintah…..

  23. Saya juga tidak pernah sama sekali mendapatkan bantuan apapun termasuk sembako dari pemerintah. Saya pernah tanya ke perangkat desa katanya ini data dari atasan . Didesain saya perangkatΒ² desa tidak berpendidikan mereka hanya ngopi diwaktu jam kerja pas saya ingin mengurus KK dll . Saya hanya pedagang jajanan keliling saya beranggotakan 7 orang. Apapun bantuan dari pemerintah saya tidak pernah mendapatkan apapun . 1 kuliah 1 SMA 1SD 2 balita . Tolong di bantu bagaimana caranya mengadukan perangkat desa yg seperti ini

  24. Saya istri lagi di rumahkan oleh perusahaan. Suami tidak bekerja anak 2 umur 5 tahun tk dan bayi 10 bulan. Dari ktp asal saya sby tidak ada pemberitahuan RT/RW/kelurahan kapasari apa saya dapat/tidak kartu2 bantuan pemerintah?

  25. Saya dapat kks dari pemerintah, tapi saya sama sekali belum mendapatkan bantuan uang, waktu saya tanyakan katanya kadaluarsa, terus anak saya dapat kip tapi di hilangkan gurunya, waktu di tanyakan juga sudah gak bisa di cairkan, mohon solusinya

    • Saya rosalia eka indriana sari..alamat solo, jl babar layar VI rt 003 rw 015 danukusuman serengan surakarta jawa tengah.
      Saya heran kenapa bantuan selalu salah sasaran yg mampu dapet tpi yg tdak mampu mlh tdak dapat..termasuk saya sendiri..saya ibu dengan 3 anak yg msih kecil – kecil..sampai saat ne blom pernh dapat bantuan apapun..baik it PKH BERAS..PKH SEKOLAH..KIP
      ..KARTU INTESIF KERJA MAUPUN YG SAAT NE KARTU SEMBAKO..pdahal slalu d data..suruh ngumpulin kk,ktp dll tpi nyatanya sampai saat ne gak dapet apa-apa…bahkan ini td ada sembako dri kelurahan pun nama saya gak ad mlah yg dpet PKH mlah dpet ..
      Bahkan tetangga saya sja satu rumah dg 3 kk dpet smuanya ..Saya harap dengan sangat utk membagikan dg adil..dan saya harap saya bsa mendapatkan kartu sembako dari bapak Jokowi..apalgi dsaat kondisi sperti ini.trimakasih.

  26. Assalamualaikum.
    Pak saya mau tanya pak.
    Cara dapet kartu sembako gimana iya.
    Soalnya kluarga ku gk dapet pak.
    Mohon bantuanya pak presiden
    Ibu saya udah janda,
    Masa tetangga saya iyang hidupnya kecukupan
    Aja dapet
    Ibu saya yang udah janda gk dapet pak.

  27. Saya ibu menyusui yg tgl d daerah Ciracas jakrta timur..smnjak terkena dampak korona ini suami ga kerja sudah mau 1 bulan ini karena krja harian lepas..jd gbs kmn2 hrs berdiam drmh sedangkan saya ibu menyusui perlu makanan yg bergizi bwt menyusui anak dan anak saya yg satu LG usia 2.5 msh menyusui formula. Dgn adanya seperti ini kmu jd kekurangan gbs bwt makan susu dll. Dan ktru sembako /KK pun tidak ada yg mengusulkan dr RT/RW setempat. Soalnya dsni kita gbs lgsng ngurus sndrii hrs RT/RW yg ngurus gbs kita lgsng.. tp kita ttp cinta dgn negara ini..tlong pak d kondisikan LG untuk rakyat..trimksh

  28. Kami tinggal di Krui Kab. Pesisir Barat, tidak pernah mendapatkan kartu PKH, sembako lainnya, sementara bapak saya tidak punya pekerjaan tetap,,,,
    Info ini pun kami tau dari google dan tv bukan dari instansi Desa setempat… Mohon melakukan pendaftaran secara online pak, baru pengecekan agar penerima sesuai dengan yang membutuhkan

    Terimakasih πŸ™

  29. Kami tinggal di kontarakan,pekerja kuli bangunan dg 3 anak.buat makan sehari hari kurang tercukupi.kami tidak pernah dpt bantuan program pemerintah pkh.sembako.blt..tidak pernah kami rasakan.kami tinggal di kontarakan lain alamat dg ktp dan kk..bisakah kami.mndptkan sedikit bantuan berupa sembakodan bagaimna car mendpatkannya??mohon petunjuknya dulur..

  30. Sy tgl d indramayu .sy punya 2 balita dan 1 anak yg sekolah .bantuan berupa apa pun sy blm prnah trimah. Kadang suka iri mereka yg tergolong mmpu tp menerima semua bantuan dr pemerintah .berupa uang tunai dan bahan pangan .sedangkan sy melahirkan pun mengeluarkan biaya .pernah komplen jg g d gubris .sy mesti komplen kemana .????

  31. Sebaiknya biar lebih mempermudah masyarakat dan lebih tepat pada sasaran bantuan-bantuan ini sebaiknya buatlah daftar secar online, karena sangat banyak kasus terjadi, bantuannya tidak tepat pada sasarannya, karena masih banyak orang membutuhkan bantuan tidak bisa menerimanya, karena hanya beberapa alasan saja, bukan saudara/i dari ini dan itu dan bukan orang terdekat ini dan itu, mau daftar tapi di tolak, mau lapor juga kemana??
    Kalau secara online, mungkin akan lebih muda karena bisa minta bantuan kepada banyak orang dan keluarga yang bisa mendaftarkannya.

    Mohon responnya

  32. Saya warga lubang buaya.alamat saya di jln delima 1 rt 09/rw 02 no 111c.nama saya madika.saya tinggal di kontrakan udah selama 14 thn sy tgl dikontrkn tdk prnh sex pun mendptkn progrm dr pemerintah tentang bansos untuk keluarga miskin.sy punya 3 anak.2 sekolah satu msh kecil suami pekerja lepas.klw mau ngirim bansos mohon dteng dor tou dorr.tdk lewt kelurahan biar bantu langsung ke sasaran.trimakasih

  33. Kemana lapor kalau tinggal di Depok alamatnya Bogor .terus udah telat ngasih ktpnya gimana cara ngusulnya untuk mendapat dana dari Bapak persiden mohon di bantu j

  34. Saya penerima PKH yang belum pernah sama sekali bantuan yang berupa beras cair sampai detik ini dan bantuan tunai dari PKH bulan April ini belum juga cair padahal sudah banyak yang cair sudah saya cek ke ATM dua kali terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here