Wajib Tahu, Kata “Minal Aidin Wal Faidzin” Dipopulerkan Lagu Jadul Karya Ismail Marzuki Ini

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Kata “minal aidin wal faidzin” biasanya ramai digunakan muslim Indonesia saat Idul Fitri. Lagu “Selamat Lebaran” karya Ismail Marzuki diyakini yang pertama kali berjasa memopulerkan kata tersebut.

Kata itu sering dimaknai sebagai permintaan maaf di hari lebaran karena dalam lirik lagu tersebut diikuti dengan kata “maafkan lahir dan batin.”

Padahal kata “minal aidin wal faidzin” berarti “semoga kita termasuk golongan yang kembali mendapat kemenangan.” Tetapi begitulah masyarakat Indonesia sudah terlalu sering menggunakannya untuk meminta maaf di Hari Lebaran.

Ismail Marzuki menciptakan “Selamat Lebaran” tahun 1950 -an, tak lama setelah Belanda hengkang dari Indonesia akhir 1949.

Lagu itu, seperti dilansir facebook @video sejarah diyakini dinyanyikan pertama kali oleh Didi dengan diiringi grup vokal Lima Seirama. Ternyata banyak masyarakat yang menggemarinya bahkan hingga hari ini.

Melalui lagu ini, Ismail Marzuki juga memotret realitas kesenjangan sosial pada masa itu. Lagu ini pun tercatat sebagai lagu Indonesia pertama yang memuat kata korupsi dalam liriknya, sebagai kritik atas maraknya korupsi di pemerintahan.

Silakan dengarkan lagu karya Ismail Marzuki itu;

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini