Wajib Tahu! Ini Tips Bersih-bersih Rumah Usai Terendam Banjir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sebagian wilayah di Jakarta, Tanggerang dan Bekasi, Bogor dilanda banjir akibat hujan yang terjadi sejak Rabu 31 Desember 2019 sore, kemarin.

Nah, puluhan rumah terdampak banjir karena terendam air. Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan rumah dari lumpur-lumpur dan kotoran yang masuk ke dalam rumah dan menempel pada barang-barang Anda di rumah. Mengutip Antara, berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan:

Pertama, mulailah membersihkan rumah dengan memilah benda yang terkena banjir. Furnitur yang terbuat dari kayu dan furnitur berlapis kain, serta bahan berpori lainnya dapat menjebak jamur dan mungkin perlu dibuang. Benda-benda dari kaca, plastik dan logam yang tidak akan berkarat bisa dibersihkan dengan disinfektan dan dipakai kembali.

Untuk karpet, tidak cukup hanya dikeringkan karena tidak menghilangkan spora jamur yang mungkin menempel. Karpet bekas kena banjir yang kena jamur harus ditangani oleh profesional atau kalau sudah parah terpaksa harus dibuang.

Kedua, semua permukaan lembap yang terkena banjir harus dibersihkan dan diberi disinfektan serta dikeringkan sesegera mungkin. Bukalah jendela untuk memberi ventilasi udara, jangan lupa pakai sarung tangan dan pelindung mata saat bersih-bersih

Untuk membersihkan rumah bekas banjir, gunakan disinfektan yang bisa dibuat menggunakan campuran satu sampai setengah cangkir pemutih pakaian dengan satu galon air.

Proses membersihkan rumah bisa memakan waktu berhari-hari, gunakan bantuan kipas angin, AC untuk mempercepat proses pengeringan dan memberikan sirkulasi udara bersih di rumah. Cek semua bau, ada kemungkinan jamur tumbuh di dinding atau di balik celah-celah sempit.

Buang semua material yang tak bisa dibersihkan misalnya papan dan fiberglass. Jika ada, gunakan vacuum cleaner untuk semua lantai, langit-langit dan dinding untuk menghilangkan kelembapan.

Untuk foto-foto, buku dan dokumen penting, bersihkan semua lumpur dan simpan di dalam kantong plastik di dalam lemari es bebas-beku untuk melindungi dari jamur dan kerusakan lebih lanjut sampai Anda punya waktu untuk mencairkan dan membersihkannya atau membawanya ke profesional.

Untuk wadah makan yang terbuat dari kaca, porselen dan plastik, rendam setidaknya 10 menit dalam cairan disinfektan sebelum digunakan. Untuk perak dan logam, cukup direbus dalam air mendidih selama 10 menit, jangan diberi cairan disinfektan karena akan bereaksi terhadap logam.

Cek jika ada kerusakan septic tank. Selain itu, demi keamanan, selalu pantau informasi terkait adanya banjir susulan. Matikan listrik dan air dan gas. Jangan menggunakan air yang sekiranya terkontaminasi untuk aktivitas sehari-hari atau konsumsi.

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini