Wajib Tahu! Ini 3 Manfaat Berenang yang Tak Dimiliki Olahraga Lain

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Banyak aktivitas olahraga yang bisa dilakukan setiap harinya. Namun, bagi anda yang hanya memiliki waktu diakhir pekan saja bersama keluarga, berenang bisa menjadi hal wajib yang dilakukan, sekalian berekreasi.

Perlu diketahui, ada banyak manfaat berenang bagi kesehatan yang membuatnya lebih unggul dibandingkan jenis olahraga lainnya, Apa saja?

Basil Strasburg PT, seorang ahli terapi fisik dari Cleveland Clinic Rehabilitation and Sports Therapy, mengungkapkan bahwa manfaat renang sudah tidak perlu diragukan lagi. Jenis olahraga yang satu ini bahkan bisa dibilang lebih unggul dibandingkan olahraga lainnya.

Berikut ini 3 keunggulan renang yang ternyata tidak dimiliki oleh olahraga lain, di antaranya:

1. Bisa dilakukan oleh siapa saja

Renang termasuk olahraga yang universal alias bisa dilakukan oleh semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Menariknya lagi, orang dengan berkebutuhan khusus pun bisa melakukannya.

Robert A. Robergs, seorang ahli fisiologi olahraga di The University of New Mexico, mengungkapkan bahwa manfaat renang juga bisa dirasakan oleh orang yang mengalami rematik, gangguan muskuloskeletal, dan masalah berat badan. Hal ini semakin memperjelas bahwa renang ternyata bisa dilakukan oleh semua orang.

Saat Anda memasukkan tubuh ke kolam dengan air setinggi pinggang, maka tubuh Anda hanya menanggung 50 persen dari total berat Anda. Ketika tinggi air mencapai dada, maka Anda hanya menopang 25-35 persen berat badan Anda. Ya, semakin tinggi air, maka semakin kecil pula tumpuan berat badan yang harus Anda topang.

Hal ini dipengaruhi oleh daya apung air selama berenang. Itulah alasannya kenapa manfaat renang bisa dirasakan oleh semua orang. Walaupun Anda mengalami gangguan pada otot dan tulang, Anda tak perlu khawatir akan kesakitan karena daya apung air dapat membantu meringankan nyeri sekaligus meningkatkan kebugaran.

2. Menguatkan otot di seluruh bagian tubuh

Anda mencari jenis olahraga yang dapat menggerakkan seluruh tubuh, tapi bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan? Berenang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bukan cuma sekadar terasa menyegarkan, berenang juga akan mendorong seluruh tubuh Anda bergerak aktif. Tangan dan kaki Anda otomatis akan melawan arus air supaya bisa bergerak maju. Sementara itu, otot-otot pinggul, punggung dan perut bertugas untuk menstabilkan kepala, badan serta tulang belakang.

Meski tampaknya tidak seperti sedang olahraga, gerakan-gerakan renang dapat membantu melatih kekuatan otot. Jika dilakukan sebagai olahraga aerobik, manfaat renang yang Anda rasakan tentu akan semakin besar.

Mulai dari melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, menguatkan jantung, dan menjaga kesehatan paru-paru. Hal ini telah dibuktikan oleh studi yang dimuat dalam jurnal Revista Portuguesa de Pneumologia tahun 2016, bahwa perenang cenderung memiliki paru-paru yang lebih kuat daripada atlet lainnya.

3. Risiko cedera lebih kecil

Dibandingkan dengan jenis olahraga low impact lainnya, berenang memiliki risiko cedera yang paling kecil. Lagi dan lagi, hal ini dipengaruhi oleh daya apung air yang membantu mengurangi beban tubuh selama di dalam air.

Bila dibandingkan dengan berlari, sendi-sendi kaki berisiko mengalami cedera karena berat badan Anda ditopang oleh kaki selama berlari. Sedangkan saat berenang, persendian Anda justru terlindungi dari stres dan tekanan karena dorongan air bukanlah suatu benturan keras yang membahayakan.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini