Wajib Tahu Gaes! Ini 4 Kelompok yang Paling Rentan Terinfeksi Virus Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wabah virus corona menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Namun, ternyata di antara sejumlah orang, terdapat kelompok tertentu yang rentan terinfeksi penyakit ini.

Batasan usia sangat berperan dalam terjadinya infeksi virus corona. Kelompok pertama yang rentan mengalami infeksi cirus corona ini adalah yang berusia lanjut di atas 40 tahun.

Mengutip WebMD, asisten profesor epidemiologi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, Michael Mina, MD, PhD mengatakan tampaknya ada ambang batas ini, di bawah 35 kasus tidak terjadi, namun seiring bertambahnya usia dari 40-an ke 80-an, terlihat ada peningkatan kematian.

Sebuah studi yang diterbitkan di The Journal of American Medical Association (JAMA) yang memeriksa 45.000 kasus pertama di Cina menemukan bahwa 80 persen kasus corona termasuk ringan. Sebanyak 20 persen lainnya yang didiagnosis memiliki gejala sedang, berat, atau kritis, termasuk sulit bernapas, radang paru-paru dan kegagalan organ.

Nah, berikut kelompok orang yang rentan terinfeksi virus corona:

  1. Berisiko Kematian Tinggi Pada Manula

Sejauh ini paparan virus yang terjadi pada anak usia 1-9 hanya satu persen dan tidak ada kematian, menurut penelitian JAMA. Sementara 1persen lainnya berusia 10-19.

Penelitian menemukan orang-orang di usia 70-an yang terkena virus, delapan persen meninggal dunia. Hampir 15 persen dari mereka yang berusia 80 tahun ke atas juga meninggal dunia.

“Seseorang berusia 80-an memiliki risiko yang cukup tinggi untuk tidak meninggalkan rumah sakit jika dirawat karena COVID-19,” kata Mina.

  1. Pria

Kelompok kedua yang paling berisiko terkena Corona adalah kaum pria. Data awal menunjukkan bahwa pria menyumbang lebih dari setengah kasus corona di Cina. Hal itu menurut Chinese Center for Disease Control and Prevention. Pria yang terinfeksi meninggal dua kali lebih sering daripada wanita yang terinfeksi.

  1. Perokok

Kelompok ketiga adalah perokok. Beberapa ahli mengatakan kepada The New York Times, bahwa hal itu bisa jadi karena pria Cina lebih mungkin menjadi perokok daripada wanita.

  1. Miliki Riwayat Penyakit

Kelompok keempat adalah mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, atau masalah paru-paru.

“Virus Covid-19 dibandingkan dengan pneumonia virus, cenderung memiliki efek yang lebih buruk pada orang yang sudah memiliki sistem kekebalan yang lemah dan bisa memicu kematian,” kata Jeanne Marrazzo, MD, direktur Division of Infectious Diseases di University of Alabama di Birmingham School of Medicine.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini