Wajah dan Gol Maradona Diusulkan Dicetak di Mata Uang Argentina

Baca Juga

MATA INDONESIA, BUENOS AIRES – Wajah dan gol Diego Maradona diusulkan dicetak di mata uang Argentina. Maradona dinilai pantas berada di mata uang negara.

Maradona meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020 karena serangan jantung. Dia menjadi pahlawan nasional ketika membawa Argentina juara Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Di perempatfinal Piala Dunia 1986, Maradona mencetak dua gol yang paling dikenal sepanjang sejarah ke gawang Inggris di babak perempatfinal. Satu gol dicetak menggunakan tangan atau dikenal sebagai ‘Hand of God’ dan satu gol lagi tercipta berkat aksi individu luar biasa Maradona.

Pemerintah Argentina telah mengajukan mosi resmi di Senat meminta wajah dan gol Maradona diabadikan di mata uang resmi negara tersebut. Gagasan yang dikemukakan oleh Norma Durango dari partai politik Frente de Todos, akan membuat Maradona terpampang di atas uang kertas 1000 Dolar atau lebih selama cetakan berikutnya pada tahun 2021.

“Idenya adalah untuk menghormati Maradona. Keistimewaan dalam hidup dan kariernya bukannya tanpa cela dan kesalahan, setidaknya seperti yang dirasakan oleh Nietzsche dalam The Birth of Tragedy,” kata Durango, dikutip dari AS, Selasa 8 Desember 2020.

Ide Durango adalah, Bank Argentina mencetak minimal 50 persen dari jumlah total uang kertas 1000 Dolar atau denominasi jumlah lebih besar yang dikeluarkan selama program fiskal tahun 2021 dengan wajah Diego Armando Maradona di satu sisi dan di sisi lain adalah momen ketika dia mencetak gol kedua melawan Inggris pada 22 Juni 1986 di Meksiko.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini