Wagub: Anak Perantau Wamena Gratis Sekolah di Sumbar

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menggratiskan sekolah bagi 154 anak-anak dari perantau Wamena. Nasrul menyebut Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar sudah mengumpulkan semua dinas pendidikan kabupaten dan kota agar memudahkan urusan administrasi dan proses belajar anak-anak perantau Wamena yang menumpang sementara.

“Kita harapkan dalam satu dua hari ini mereka sudah bisa masuk sekolah,” kata Nasrul di Kantor Gubernur Sumbar di Padang, Rabu 9 Oktober 2019.

Nasrul menyebut 154 anak-anak perantau Minang tersebar di Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kabupaten Sijunjung, Kota Padang dan Kota Padang Panjang. Jumlah lebih banyak berada di Pesisir Selatan.

Dinas Pendidikan kata Nasrul saat ini mendata tingkatan sekolah anak-anak perantau Minang dari Wamena mulai dari SD, SMP dan SMA. Nasrul menegaskan anak-anak-anak perantau Minang dari Wamena tidak boleh putus sekolah.

Nasrul telah menginstruksikan Pemkab dan Pemkot agar menggratiskan biaya pendidikan anak-anak perantau Sumbar yang menumpang sementara termasuk menyediakan pakaian sekolah.

Wagub Sumbar menyebut data anak-anak usia sekolah perantau Wamena ini akan dimasukkan ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Bila nanti anak-anak perantau Minang ini kembali lagi ke Wamena, Pemda setempat tempat menumpang sekolah akan memberikan surat pindah resmi, supaya proses belajar anak-anak perantau Wamena ini terus berlanjut.

 

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini