Data Selebritas Italia Dicuri, Hacker Minta Tebusan Rp7,1 Miliar

Baca Juga

MATA INDONESIA, ROMA – Italian Society of Authors and Publisher (SIAE) – sebuah agen pengumpul hak cipta Italia mengungkapkan adanya pelanggaran data yang baru-baru ini terjadi. Pelanggaran tersebut telah mengakibatkan pencurian data terkait dengan selebritas Italia.

Pada pekan ini, Otoritas Perlindungan Data Italia (GPDP) menyatakan bahwa mereka sedang menyelidiki pelanggaran tersebut.

“Masyarakat Penulis dan Penerbit Italia kemarin telah memberi tahu Otoritas, dalam ketentuan yang ditetapkan oleh undang-undang privasi, tentang pelanggaran servernya karena serangan peretas untuk tujuan pemerasan,” kata GPDP.

“Penjamin saat ini sedang mengevaluasi informasi yang diterima dari Perusahaan, berhak untuk melakukan penyelidikan yang sesuai,” sambungnya, melansir Sputnik, Minggu, 24 Oktober 2021.

Sementara itu, BleepingComputer menunjuk pada daftar di portal pemerasan geng ransomware Everest, yang mengklaim bahwa para pelaku pelanggaran tersebut berhasil melarikan diri dengan sekitar 60 gigabyte data.

Informasi yang dicuri diduga mencakup pindaian kartu identitas nasional dan SIM, dan data lain terkait dengan selebritas Italia, aktor, musisi, artis, penulis, dan pembuat konten terkemuka secara umum.

Karena upaya untuk menebus data yang tampaknya tidak berhasil, geng tersebut sekarang dilaporkan berusaha untuk menjual informasi yang dicuri seharga 500 ribu USD atau sekitar 7,1 miliar Rupiah.

BleepingComputer menyarankan anggota SIAE untuk tidak menghubungi pelaku pemerasan dan memenuhi tuntutan tebusan mereka, dengan alasan bahwa tidak ada jaminan bahwa data pribadi yang dicuri tidak akan digunakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini