Virus Corona Sudah Merambah ke Spanyol

Baca Juga

MATAINDONESIA, MADRID – Satu persatu negara-negara di Eropa sudah terpapar virus corona. Terbaru, Jumat malam, 31 Januari 2020, Pemerintah Spanyol mengumumkan kasus pertama di negaranya. Virus ini sebelumnya telah masuk ke Inggris, Rusia dan Jerman.

Reuters melaporkan pasien yang terkena virus ini merupakan bagian dari kelompok yang terdiri dari lima orang. Kelimanya sekarang diobservasi di pulau terpencil La Gomera di Canary.

Kementerian Kesehatan Spanyol menjelaskan isolasi dilakukan sejak Kamis, 30 Januari 2020 setelah ditemukan bahwa kelima orang ini telah melakukan kontak dengan seorang pria Jerman yang didiagnosis dengan virus tersebut.

Diagnosis dari Pusat Nasional Mikrobiologi Spanyol dilakukan tidak lama setelah sebuah pesawat yang mengangkut 27 warga negara Uni Eropa dari pusat virus di kota Wuhan, Cina mendarat di Madrid.

Kementerian Kesehatan Spanyol menyatakan tak satu pun dari warga Spanyol yang dipulangkan menunjukkan gejala-gejala virus, tetapi mereka akan dikarantina di rumah sakit militer di Madrid dan dikarantina di bawah pengawasan selama 14 hari. Empat warga Denmark dan satu warga Norwegia yang juga naik pesawat akan diterbangkan kembali ke negara asal mereka.

Sabtu 1 Februari 2020, Menteri Kesehatan Spanyol, Salvador Illa akan memimpin pertemuan tingkat menteri untuk membahas tanggapan Spanyol terhadap wabah tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan epidemi tersebut sebagai darurat internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini