Virus Corona Bermutasi, Saudi Tutup Pintu Masuk Semua Penerbangan Internasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ditemukannya virus corona yang bermutasi di Inggris membuat semua negara meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya, Arab Saudi yang melarang seluruh penerbangan internasional selama sepekan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona tipe baru penyebab penyakit Covid-19.

Dilansir dari laman Gulf News, Senin 21 Desember 2020, larangan itu juga berlaku untuk seluruh penumpang yang masuk melalui jalur darat dan laut.

“Prosedur ini akan dievaluasi seiring perkembangan kondisi pandemi dan apa yang diterima dari Kementerian Kesehatan,” kata sumber di Kementerian Dalam Negeri Saudi.

Sejumlah negara eropa juga menerapkan larangan perjalanan dan menunda penerbangan dari dan ke Inggris karena merebaknya virus corona varian baru yang menyebabkan penularan Covid-19 menyebar lebih cepat.

Namun, larangan ini dikecualikan untuk perpindahan barang, komoditi, dan pasokan makanan dari negara yang tidak mengalami mutasi virus corona dan itu ditentukan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan tentang menyebarnya mutasi baru Covid-19 di sejumlah negara, hingga ada informasi medis yang jelas tentang karakter virus ini, dan keperluan melindungi warga dan penduduk untuk menjamin keselamatan mereka maka pemerintahan Kerajaan memutuskan mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

Pertama, menunda semua penerbangan internasional untuk wisatawan–kecuali untuk kasus-kasus tertentu–selama sepekan dan bisa diperpanjang sepekan lagi, terkecuali untuk penerbangan internasional yang saat ini berada di wilayah Kerajaan, mereka dibolehkan untuk keluar.

Kedua, menunda semua jalur masuk ke Kerajaan melalui darat dan pelabuhan laut selama sepekan dan bisa diperpanjang tambahan sepekan lagi.

Ketiga, siapa pun yang kembali dari negara Eropa atau negara tempat menyebarnya epidemi, seperti yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan pada 8 Desember lalu hingga hari ini maka harus melakukan:

  1. Isolasi mandiri di rumah selama dua pekan dimulai saat dia tiba di Saudi
    2. Menjalani tes Covid-19 selama masa isolasi dan diulangi lagi setiap lima hari.

Keempat, siapa pun yang kembali dari negara Eropa atau negara tempat menyebarnya epidemi selama tiga bulan terakhir harus menjalani tes virus corona.

Pelarangan ini menyusul pengumuman pemerintah Inggris tentang munculnya varian baru virus corona yang penyebaran penularannya lebih cepat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini