Virus B.1.1.7 Hadir, Vaksinasi Harus Dipercepat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kehadiran varian baru Virus SARS-Cov-2 dengan kode B.1.1.7 seharusnya membuat  Indonesia semakin mempercepat vaksinasi dan berdisiplin menegakkan protokol kesehatan. Karena kedua langkah itu merupakan cara untuk mencegah penularan.

Itu adalah pesan dari pakar bioteknologi Universitas Putra Melayu, Bimo Ario Tejo, Ph.D yang diterima Mata Indonesia News, Jumat 5 Maret 2021.

“Jika penularan tidak terkendali, dikhawatirkan muncul varian baru yang mempengaruhi efektifitas vaksin,” begitu pernyataan Bimo Ario.

Varian B.1.1.7 dari Inggris, berdasarkan hasil penelitian, masih bisa dihadapi oleh sejumlah vaksin yang ada meskipun efikasinya turun sedikit.

Tetapi, varian B.1.351 dari Afrika Selatan tampaknya bisa mengalahkan vaksin yang sedang digunakan masyarakat dunia saat ini terutama Astra Zeneca yang efikasinya turun hingga 10 persen.

Sementara vaksin Johnson&Johnson serta Novavax efikasinya turun di angka 50 persen dan 60 persen.

Itu sebabnya vaksinasi dan protokol kesehatan yang ketat menjadi semakin wajib ditegakkan jika kita ingin pandemi ini berakhir.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini