tank yang dituding sekat pemudik
Tank yang dituding sekat pemudik. (YouTube @Batalyon TV)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Video tank terparkir di perbatasan Bekasi-Bogor, Jawa Barat yang salah satunya diviralkan akun YouTube Batalyon TV bukan untuk menyekat para pemudik yang nekat pulang kampung di libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Itu sedang ada latihan dan kebetulan jaraknya dekat dengan tempat penyekatan arus mudik,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen Tatang Subarna meluruskan informasi tersebut, Jumat 7 Mei 2021.

Menurut Tatang mengeluarkan tank di lingkungan kesatuan TNI AD rutin dilakukan untuk memelihara kemampuan alat tersebut.

Tatang juga menegaskan tank baja dimaksud tidak tidak terlalu lama terparkir di wilayah tersebut. Alutsista tersebut langsung dikembalikan ke markasnya begitu selesai latihan.

Batalyon TV sebelumnya memviralkan video itu dengan memberi narasi bahwa tank tersebut digunakan untuk menyekat kendaraan pemudik.

Saat ini, pemerintah memang telah melarang mudik demi mencegah penularan yang luas Covid19.

Batalyon TV pun kemudian segera menyatakan video yang diunggahnya berisi informasi hoax. Namun tidak disebutkan sumber video tersebut, hanya diungkapkan video itu dibuat warga setempat.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here