Jokowi video call dengan dokter paru
Jokowi video call dengan dokter paru. (Setpres)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi mengaku membayangkan betapa beratnya seorang tenaga medis menangani Covid19 yang mewabah sekarang. Maka dia, meminta masyarakat mendengarkan anjuran dokter ahli paru Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Sarosa, dr Faisal Rizal Matondang Spesialis Paru yang mengharapkan protokol kesehatan benar-benar diterapkan masyarakat.

Hal itu terungkap saat dr Faisal menerima video call dari Presiden Jokowi, Minggu 27 September 2020 pagi.

Lalu, Faisal menjelaskan bahwa Hari Minggu ini adalah pertama dia bertugas lagi setelah dirawat akibat Covid19.

Kepada Presiden Jokowi, dr Faisal juga menceritakan bagaimana sesaknya saat dia bertugas mengenakan APD harus menenangkan dan membangkitkan semangat pasiennya yang merasa bosan.

Faisal mengungkapkan kebosanan adalah hal yang paling sering diungkapkan para pasiennya terutama tanpa gejala karena diisolasi di ruang yang tidak terlalu besar.

Mendengar gambaran itu, Presiden Jokowi mengungkapkan perasaannya dengan perjuangan para tenaga kesehatan dalam menangani Covid19.

“Saya bisa bayangkan betapa beratnya bertugas menangani Covid ini,” ujar Presiden.

Sang dokter pun menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk tetap berdisiplin menerapkan 3M, yakni mengenakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dari Covid19 di tengah masyarakat.

“Tetap jaga sesuai protokol kesehatan, pakai masker, mencuci tangan, menghindari berkumpul-kumpul. Mudah-mudahan kita bisa lewati pandemi ini,” ujar Faisal.

Di pengujung perbincangan, Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih dan menghargai dedikasi serta kerja keras yang ditunjukkan oleh dokter Faisal beserta dokter-dokter lain dan tenaga medis di seluruh Indonesia untuk memberikan perawatan kepada para pasien Covid-19.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here