Valentino Rossi. (valentinorossi.com)

MINEWS.ID, LE MANS – Pebalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, harus berjuang keras untuk meraih podium saat seri MotoGP di Le Mans, Prancis, Minggu besok agar bisa memperkecil jarak dengan pemuncak klasemen Marc Marquez.

Itu lantaran rantai motor Yamaha YZR-M1 putus saat melakukan latihan bebas sehingga dia tidak bisa mencatatkan waktu terbaiknya.

“Pada akhirnya saya hanya menjalani satu putaran saja dengan ban soft dan saya berada di luar top 10. Kami berharap besok pagi bisa mengaspal di kondisi yang kering dan coba untuk memperbaiki performa. Kami harus bekerja dengan motor ini agar bisa mendapatkan kecepatan yang lebih baik,” kata Vale mengomentari peristiwa tersebut kepada Crash.

Dia sendiri mengaku tidak tahu mengapa rantai sepeda motornya bisa putus, padahal Vale berharap bisa tampil cemerlang di Le Mans untuk menebus hasil buruknya di Sirkuit Jerez, Spanyol sebelum ini yang menyebabkannya terlempar dari posisi dua klasemen ke posisi empat.

Pada balapan besok, Vale hanya berhasil mencatatkan diri start dari posisi ke-lima.

Sedangkan pebalap yang start paling depan adalah Marc Marquez. Dia tercatat sangat stabil selama 30 menit kualifikasi.

Vale harus berhasil melewati Danilo Petruci yang start di posisi kedua, Jack Miller ketiga dan Andrea Dovizioso yang memulai balap di posisi keempat, agar bisa memperkecil jarak klasemen dengan Marc Marquez.

Sementara Marc, bakal sulit di-overtake karena meraih pole position kecuali dia menghadapi masalah teknis maupun nonteknis saat balapan.