Vaksinasi Tahap Dua untuk Lansia Selesai Juni 2021

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk warga lanjut usia atau lansia akan selesai pada Juni 2021 mendatang.

Optimisme ini keluar dari pernyataan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Ia menyebut, ada 38 juta orang yang masuk sasaran vaksinasi, dengan kebutuhan mencapai 76 juta dosis vaksin untuk dua kali penyuntikkan.

“Targetnya ada ada 38 juta orang atau 76 juta suntikan, sampai akhir Juni 2021,” kata Budi, di Surabaya Sabtu 27 Februari 2021.

Wajar saja menurut Budi, dibutuhkan waktu yang sebentar untuk proses vaksinasi. Alasannya, pasokan vaksin dari produsen terbatas.

“Masalahnya ada di suplai vaksinnya, karena rebutan di seluruh dunia, jadi banyak negara yang belum kebagian tetangga-tetangga kita juga belum, negara besar seperti Australia dan Jepang baru akan mulai,” ujar Menkes Budi.

Budi menjelaskan, 38 juta target vaksinasi itu, 21 juta di antaranya adalah lansia. Kelompok ini menjadi prioritas karena paling rentan dan memiliki risiko kematian akibat Covid-19 tertinggi.

“Targetnya itu lansia karena mereka orang yang berisiko tinggi, kalau terkena banyak yang wafat atau fatality rate-nya besar,” kata Budi.

Untuk mencapai target akhir Juni nanti, ia pun meminta semua pihak memberi dukungan modal sosial agar para lansia bersedia divaksinasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini