Vaksin Merah Putih Siap Dipakai April 2022

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro optimistis vaksin Merah Putih karya asli Indonesia bisa masuk dalam program vaksinasi nasional pada 2022 mendatang.

Adapun munculnya berbagai mutasi baru dari Covid-19, Bambang memastikan hal itu tak akan berpengaruh pada pengembangan vaksin.

“Masih sesuai time line, karena Bio Farma sendiri sedang fokus untuk Sinovac,” kata Bambang, Rabu 7 April 2021.

Mengenai targetnya, Bambang berkata vaksin Merah Putih diharapkan masuk dalam program vaksinasi pada April atau triwulan kedua 2022.

“Paling lambat triwulan kedua 2022, mudah-mudahan sudah bisa ikut program vaksinasi,” ujarnya.

Sampai saat ini, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman sudah menyiapkan bibit vaksin subnit protein rekombinan ekspresi mammalian dan sedang menyelesaikan yang ekspresi ragi. Begitu juga Universitas Airlangga (UNAIR) akan melakukan uji praklinis sebelum masuk pada manufaktur.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Eijkman Amin Soebandrio mengatakan mutasi virus corona penyebab Covid-19 menjadi tantangan dalam pengembangan vaksin Merah Putih.

“Sebagai vaksin yang masih tahap pengembangan dan juga disiapkan untuk kesinambungan, maka lebih baik kalau bibit vaksinnya sudah diuji juga dengan varian virus baru agar efikasinya tinggi,” kata Bambang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini