Kemenkes bakal vaksin tenaga kesehatan di Tangerang Selatan pada 14 Januari 2021
Kemenkes bakal vaksin tenaga kesehatan

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meskipun negara produsen melakukan embargo vaksin, namun Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan vaksinasi Covid19 tetap diselesaikan tahun ini. Caranya dia akan menambah pesanan ke produsen Vaksin Sinovac antara 90 juta sampai dengan 100 juta dosis.

“Sampai sekarang yang tidak pernah miss jadwal pengirimannya adalah yang dari Cina,” ujar Menteri Budi Gunadi di Jakarta, Kamis 8 April 2021.

Budi mengungkapkan, awalnya Indonesia akan memperoleh vaksin covid19 sebanyak 100 juta dosis pada tahun ini dari GAVI dan AstraZeneca.

Namun, jadwalnya harus diubah karena negara-negara produsen vaksin tersebut kini harus menghadapi gelombang ketiga pandemi Covid19.

Vaksin AstraZeneca yang semula berkomitmen mengirim 50 juta dosis tahun ini akhirnya dikurangi menjadi 20 juta saja. Sisanya yang 30 juta dosis diundur tahun depan.

Maka, Indonesia tidak bisa mengandalkan pasokan kedua vaksin tersebut untuk menuntaskan vaksinasi demi mencapai herd immunity.

Apalagi, Indonesia memegang komitmen vaksinasi akan selesai pada 2021 sehingga semua pengiriman vaksin pada 2022 tidak dikonfirmasi lebih lanjut.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here