UU Cipta Kerja Potensial Dukung Pemulihan Ekonomi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Disahkannya UU Ciptaker bersama peraturan turunnya, langsung disorot oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan Internasional Shinta Kamdani.

Menurutnya, Undang-undang Cipta Kerja potensial mendukung pemulihan ekonomi nasional bila dijalankan secara konsisten di lapangan.

“Seberapa besar UU Cipta Kerja bisa mendongkrak perekonomian juga tergantung pada seberapa jauh implementasi teknis peraturan pemerintah dan peraturan presidennya konsisten dengan amanat UU-nya dan seberapa jauh hal tersebut memberikan kemudahan praktis bagi calon-calon investor,” kata Shinta.

Bila semuanya berjalan secara konsisten, Shinta meyakini efek UU Cipta Kerja terhadap investasi akan meningkat cukup signifikan.

Kemungkinan, kata dia penerimaan investasi bisa naik dua kali lipat pada tahun ini jika kegiatan promosi dan fasilitasi realisasi investasi bisa lebih gencar dan bila pemerintah bisa segera mengendalikan pandemi, menormalisasi kegiatan ekonomi serta melepaskan batasan terhadap perjalanan.

“UU Cipta Kerja tidak bisa stand alone kalau mau difungsikan secara maksimal untuk mendongkrak ekonomi nasional,” katanya.

Menurut dia, faktor lain untuk memastikan UU Cipta Kerja bisa menarik investasi sebanyak-banyaknya saat ini juga harus diatasi, khususnya masalah pengendalian pandemi di Indonesia yang menyebabkan banyak keputusan investasi dan realisasi investasi menjadi tertunda.

Faktor lain seperti promosi, komunikasi dan fasilitasi kepada investor, pembukaan perbatasan untuk perjalanan (bisnis) antarnegara, serta reformasi struktural lanjutan untuk mendukung UU Cipta Kerja di sektor-sektor yang belum tersentuh.

Keberadaan UU Cipta Kerja juga perlu dilakukan untuk memberikan sinyal positif dan meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi dan segera merealisasikan investasinya di Indonesia.

“Dengan demikian, UU Cipta Kerja bisa mendongkrak ekonomi nasional secara maksimal,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini