Usir Kapal Nelayan Cina, 4 Jet Tempur F-16 Milik TNI AU Terbang ke Natuna

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Empat pesawat tempur F-16 diterbangkan dari Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru ke Natuna Kepri. Pesawat milik TNI AU ini melaksanakan operasi Lintas Elang 20.

“Operasi ini adalah operasi rutin. Cuma wilayah kita adalah wilayah barat, untuk kali ini istilahnya bertempat di Natuna,” ujar Komandan Lanud Rsn, Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka kepada wartawan, Selasa 7 Januari 2020.

Ronny menjelaskan, pergeseran 4 pesawat tempur F-16 ke Natuna merupakan perintah dari Panglima TNI Marsekal Hadi Thjahjanto. Namun demikian, menurutnya ini merupakan latihan rutin.

“Operasi Lintas Elang pada dasarnya pengamanan wilayah kedaulatan NKRI. Hari ini kita berangkatkan,” katanya.

Ia mengatakan selama menjalankan operasi rutin tersebut pihaknya tidak akan melakukan provokasi pada pihak manapun. Namun operasi tersebut untuk menjaga wilayah NKRI.

“Kekuatan yang kita turunkan satu flight pesawat F16. Pesawat ini akan kita siapkan di Pangkalan TNI AU di Natuna. Perintahnya bergeser dulu nanti untuk berapa lamanya menyesuaikan perintah pimpinan,” katanya.

Untuk personel, sambung Ronny, ada enam penerbang ditambah 60 kru termasuk teknisi. “Kalau bicara kesiapan, ya pada pada dasarnya menyiapkan seluruh personel, penerbang, pesawat untuk siap selalu melakukan operasi,” katanya.

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini