Usia 76 Tahun, Apakah Amien Rais Sudah Dewasa Berpolitik?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernyataan Amien Rais yang menuduh bahwa akan ada skenario mengamandemen UUD 1945 untuk menambah masa jabatan presiden menjadi tiga periode, dianggap adalah upaya menyudutkan Presiden Joko Widodo.

Dengan kelakuannya yang kerap menyerang Jokowi tanpa data dan fakta yang kuat, masyarakat pun mulai mempertanyakan status Amien sebagai politikus senior.

Di usianya yang sudah 76 tahun dan malang melintang di dunia politik selama puluhan tahun, apakah sikap dan perilakunya Amien Rais saat ini membuatnya sudah dewasa berpolitik?

Pakar komunikasi dan pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan, dari segi tahun berpolitik, Amien sudah pantas disebut politikus senior. Tapi, dari sudut perilaku politik, belum tentu.

Menurut Emrus, untuk menjawab pertanyaan itu perlu pengakian lebih dalam. Karena urusan perilaku, beda dengan lama pengalaman berpolitik.

“Dari segi waktu saya akui beliau senior. Tapi, ukuran senioritas tidak hanya soal umur. Kedewasaan berpolitiknya perlu kita diskusikan lebih dalam lagi, apakah sudah tepat kita katakan politikus senior atau tidak?” kata Emrus kepada Mata Indonesia News, belum lama ini.

Emrus mengatakan, untuk mengukur kedewasaan Amien Rais, bisa dilakukan pengkajian terhadap perilaku politiknya sebagai negarawan.

Kalau seseorang politikus masih menghalalkan semua cara untuk meraih kekuasaan, maka belum disebut senior. Tapi kalau dia mengutamakan kepentingan juga kesejahteraan rakyat, ini yang disebut sebagai seorang negarawan atau politikus senior secara perilaku dan kedewasaan.

“Jika mengutamakan kepentingan publik, sekalipun dia masih dua tiga tahun di dunia politik, itu bisa disebut senior,” ujar Emrus.

“Ketika seseorang mengangkat ekskusifitas dan perbedaan satu dengan yang lain, itu belum senior. Contohnya, jika politikus mengatakan bahwa ada partai setan, seolah-olah partai lain bukan setan, menurut saya belum senior.”

Maka, kata Emrus, dari diksi-diksi yang dikemukakan, bisa juga diukur kedewasaan seseorang dalam berpolitik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini