Usai PM Inggris, Biden Hubungi Presiden Prancis

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden melakukan panggilan telepon dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Gedung Putih mengungkapkan bahwa kedua pemimpin negara ingin memperkuat hubungan bilateral.

Presiden Biden menjadikan Prancis –yang notabene merupakan salah satu sekutu AS, sebagai salah satu negara pertama yang dihubungi selama hari-hari pertamanya menjabat sebagai Presiden AS.

Gedung Putih juga mengatakan bahwa mantan Senator Delaware itu menekankan komitmennya untuk memperkuat hubungan transatlantik melalui NATO dan kemitraan AS dengan Uni Eropa.

Melansir Reuters, Senin, 25 Januari 2021, kedua pemimpin negara itu juga menyepakati perlunya koordinasi yang erat, termasuk melalui organisasi multilateral dalam mengatasi tantangan umum, seperti perubahan iklim, COVID-19, dan pemulihan ekonomi global.

Bukan hanya itu, Biden dan Macron juga setuju untuk bekerja sama dalam prioritas kebijakan luar negeri bersama, termasuk terhadap Cina, Timur Tengah, Rusia, dan wilayah Sahel Afrika Barat.

Sebelumnya, Biden melakukan panggilan telepon kepada Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. Dalam perbincangan tersebut, kedua negara membahas mengenai peluang kembalinya AS ke dalam Perjanjian Paris 2015, mengenai iklim, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan membahas mengenai prospek kesepakatan perdangangan bebas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini