Usai Divaksin Harus Tunggu 30 Menit, Kenapa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Calon penerima vaksin mulai memadati Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat di Blok A lantai 8. Masyarakat yang hendak divaksin harus mengikuti beberapa alur sebelum melakukan vaksinasi.

Alur tersebut dimulai dari registrasi hingga pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Setelah semua siap, baru masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi.

Namun, usai melakukan vaksinasi, masyarakat diimbau untuk menunggu atau diobservasi terlebih dahulu selama 30 menit. Mengapa?

dr. Muhammad Arif, selaku petugas yang turut mengawasi para penerima vaksin mengatakan, waktu tunggu 30 menit tersebut untuk mengetahui apakah ada reaksi pada seseorang usai melakukan vaksinasi.

“Diobservasi selama 30 menit itu artinya ditunggu sambil diawasi ya, jadi kalau ada yang sakit atau tiba-tiba pusing bisa langsung lapor ke petugas,” ucapnya saat diwawancara langsung Minews.id, di Pasar Tanah Abang, Kamis 18 Februari 2021.

dr. Muhammad Arif mengatakan 30 menit pertama dirasa waktu yang cukup untuk mendeteksi jika penerima vaksin mengalami keluhan usai melakukan tindakan.

“Iya, 30 menit pertama kalau ada keluhan bisa kita tangani, kita udah siapin ruang khususnya juga,” ucapnya.

Ia berharap agar semua penerima vaksin sehat dan baik-baik saja. Namun, jika ada gejala usai divaksin, seluruh tim siap menanganinya.

“Langsung kita tangani, kita periksa tensi, suhu juga, kalau misalnya agak berat segera kita lakukan rujukan ke rumah sakit,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini