Unjuk Rasa Pro Kemerdekaan Katalunya Menyebar Sampai Prancis

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Unjuk rasa kemerdekaan Katalunya dari Spanyol menyebar sampai ke Prancis. Pada Selasa 12 November 2019, aparat keamanan Prancis sampai harus turun tangan membubarkan para demonstran yang menutup jalan-jalan utama,

Demonstrasi ini terpantau terjadi di sejumlah jalan utama yang menghubungkan antara Spanyol dengan Prancis. Unjuk rasa bahkan berlangsung cukup lama, yakni sekitar 24 jam sebelum dibubarkan paksa.

Polisi Prancis ‘La Jonquera’ sempat bentrok dengan para demonstran dan mendorong mereka kembali ke wilayah perbatasan Spanyol.

Karena banyaknya jalan yang diblokir massa, sejumlah truk dan arus lalu lintas lainnya dialihkan ke jalan alternatif saat demonstran memasang blokade beton di jalan raya dan menyiapkan panggung untuk orasi.

Katalunya diguncang serentetan aksi protes sejak vonis penjara belasan tahun pada pertengahan Oktober dijatuhkan kepada sembilan pemimpin separatis. Mereka mempelopori upaya kemerdekaan yang gagal pada 2017.

Ditanya apa yang harus dilakukan oleh polisi Katalunya dengan demonstran yang dikirim kembali melewati perbatasan dari Prancis, pemimpin pemerintah Katalunya, Quim Torra, mengatakan tidak ada alasan untuk menuntut mereka.

“Kami meminta operasi ini dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak ada seorang pun yang terluka,” katanya kepada Radio Katalunya.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini