Unik! Manjakan Mata dengan Keindahan Pasir Putih di Dataran Tinggi Wamena

Baca Juga

MATA INDONESIA, WAMENA – Sebuah pemandangan alam unik nan ajaib hanya dapat ditemui di Wamena, Papua. Tepatnya di dataran tinggi Wamena terhampar pasir putih laiknya di tepi pantai. Beberapa daerah dataran tinggi tersebut ada di Distrik Pisugi yakni Desa Aikima, Kampung Tulem dan Habema.

Tempat ini dapat menjadi salah satu destinasi menarik di ujung timur Indonesia. Pesona dataran tinggi tersebut kian memanjakan mata karena terselip di antara hijaunya perbukitan berbatu.

Ternyata adanya pasir putih di dataran tinggi Wamena ini sudah ada sejak dahulu, hanya saja hamparan pasir putih tersebut dulunya bukan dalam bentuk dataran, namun sebuah danau besar yang bernama Danau Wio yang kini bernama Lembah Baliem.

Dikutip dari laman Peson Indonesia, pada tahun 1813 terjadi sebuah gempa bumi dahsyat yang mengakibatkan pergerseran lempeng bumi dan perubahan geologi. Pasca kejadian tersebut, air Danau Wio mulai mengering hingga surut yang kini terbentuklah sebuah lembah yang berisi pasir putih yang berasal dari dasar Danau Wio.

Selain keindahan pasir putih yang menghiasi hijaunya perbukitan, keindahan lain yang ditemukan di dataran tinggi Wamena ini adalah ditemukannya bunga-bunga indah yang sukar ditemui dan tumbuh di tempat lain. Salah bunga-bunga tersebut adalah bunga terompet dan bunga matahari.

hamparan bunga nan indah di lembah Baliem, Wamena (istimewa)

Bila tertarik melancong ke sana, silahkan datang terlibeih dahulu ke pusat kota Wamena. Setelah itu baru melanjutkan perjalanan ke Lembah Baliem sekitar 15 hingga 20 menit dengan kendaraan bermotor.

Setelah sampai di lokasi, biasanya pengunjung dikenai biaya sukarela oleh masyarakat setempat yang mengelola obyek wisata pasir putih Lembah Baliem ini.

Sayangnya, hingga kini pengelolaanya belum memndapat perhatian penuh dari pemerintah daerah setempat. Padahal tempat tersebut bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat menjadi magnet bagi wisatawan yang mengunjungi wilayah timur Indonesia.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini