UMKM Perikanan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) bersama dengan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) terus mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satunya melalui UMKM perikanan.

Ketua Umum Hipmikimdo Laurensius Manurung mengatakan ini peluang yang harus dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi negeri melalui hasil perikanan, kelautan, budidaya laut dan budidaya darat.

Untuk itu, seluruh UMKM di bidang perikanan di seluruh Indonesia harus memanfaatkan Kerjasama ini dengan baik.

Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan UMKM itu tidak boleh tertinggal dan harus go digital jangan gagal teknologi (gaptek).

Saat ini kata dia, mitra perusahaannya seperti nelayan, petambak dan suplier sudah menerapkan digitalisasi melalui transaksi nontunai atau cashless. Hal ini juga sejalan dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi transaksi tunai.

Selain itu, di bidang perikanan sudah ada aplikasi digital FishOn yang bekerja sama untuk optimalkan serapan ikan nelayan. Aplikasi tersebut dapat membantu nelayan mengakses GPS yang menunjukkan lokasi dengan ikan terbanyak. FishOn juga dapat mengakomodasi lelang secara online.

“Lini usaha lain yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM adalah pabrik pakan ikan dan udang Perum Perindo. Pabrik pakan yang berlokasi di Subang ini sudah melayani mitra UMKM petambak dari Lampung, Jatiluhur dan beberapa daerah lainnya,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini