Ulang Tahun, Fakultas Kehutanan UGM Dapat Tugas Berat dari Presiden Jokowi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di ulang tahunnya yang ke-57, Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM) mendapat tugas dari Presiden Jokowi yang juga salah satu alumnusnya.

Tugas itu adalah bagaimana Fakultas Kehutanan UGM bisa menjadi jembatan atau solusi terhadap tiga peran hutan yaitu sebagai fungsi agraris, industri dan pasca industri.

Dua fungsi terdahulu yaitu agraris dan industri, menurut Presiden Jokowi sering dikontradiksikan dengan konsep pascaindustri yang memperlakukan hutan dengan konservatif sebagai paru-paru dunia dan biodiversitas.

“Dalam kaitan ini saya mengharapkan Fakultas Kehutanan UGM untuk mencarikan titik temu dan jembatan. Nah, ini tugas untuk mempelajari dan mengembangkan konsep baru ala UGM. Patut diperhitungkan memanfaatkan teknologi informasi,” ujar Jokowi saat memberi sambutan pada dies natalis itu via teleconference, Jumat 23 Oktober 2020.

Menurut Jokowi, saat ini ketiga fungsi tersebut terus dipertentangkan namun cenderung tidak ada titik temunya.

Dalam konsep agraris, hutan diharapkan masyarakat sebagai sumber pangan, sedangkan bagi industri hutan tidak bisa dipisahkan dari pembuatan kertas, rayon, minyak sawit dan sebagainya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Puluhan Ribu Wisatawan, Padati Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko Selama Periode Lebaran

Mata Indonesia, Sleman - Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko merupakan Candi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dengan Jawa Tengah, apa lagi kedua Candi tersebut terletak ditempat yang sangat strategis tidak jauh dari kota Yogyakarta.
- Advertisement -

Baca berita yang ini