Joe Biden dan Istri, serta Kamala Harris dan suami. (Foto: Los Angeles Times)

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Usai mengucap sumpah jabatan presiden, Joe Biden kini resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46. Bersama sang wakil, Kamala Harris, Biden akan memimpin AS hingga empat tahun ke depan.

Berbagai ucapan selamat dari para pemimpin dunia pun berdatangan. Dari Perdana Menteri, Spanyol, Pedro Sanchez hingga pejabat Hamas Palestina turut memberikan ucapan selamat.

Sekutu terdekat Israel juga tak ingin ketinggalan momen ini. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh bahkan turut serta. Melansir Reuters, Kamis, 21 Januari 2021, berikut serangkaian ucapan selamat untuk Joe Biden dari sejumlah pemimpin negara part II.

PM Spanyol, Pedro Sanchez

“Kemenangan (pemilihan) Biden mewakili kemenangan demokrasi atas ultra-kanan dan tiga metodenya, penipuan besar-besaran, perpecahan nasional, dan penyalahgunaan, bahkan kekerasan, lembaga-lembaga demokrasi … Lima tahun lalu, kami pikir Trump adalah lelucon yang buruk, tapi lima tahun kemudian kami menyadari bahwa dia membahayakan demokrasi paling kuat di dunia.”

Presiden Prancis, Emmanuel Macron

“Harapan terbaik pada hari yang paling penting ini bagi rakyat Amerika! Kita bersama. Kita akan lebih kuat menghadapi tantangan zaman kita. Lebih kuat untuk membangun masa depan kita. Lebih kuat untuk melindungi planet kita. Selamat datang kembali di Perjanjian Paris!”

Perwakilan Kremlin, Dmitry Peskov

“Rusia dan presidennya mendukung pelestarian perjanjian (Perjanjian Pengendalian Arms Start Baru) ini … Jika kolega Amerika kita benar-benar akan menunjukkan kemauan politik untuk mempertahankan pakta ini dengan memperpanjangnya, ini hanya dapat diterima.”

PM Kanada, Justin Trudeau

“Kanada dan Amerika Serikat akan melanjutkan kemitraan ini saat kami memerangi pandemi COVID-19 global dan mendukung pemulihan ekonomi berkelanjutan yang akan membangun kembali lebih baik untuk semua orang.”

“Kami juga akan bekerja sama untuk memajukan aksi iklim dan pertumbuhan ekonomi yang bersih, mempromosikan inklusi dan keragaman, serta menciptakan lapangan kerja dan peluang kelas menengah yang baik bagi rakyat kami sambil berkontribusi pada demokrasi, perdamaian, dan keamanan di rumah dan di seluruh dunia.”

PM Israel, Benjamin Netanyahu

“Selamat Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris atas pelantikan bersejarah Anda. Presiden Biden, Anda dan saya memiliki persahabatan pribadi yang hangat selama beberapa dekade. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat aliansi AS-Israel, untuk terus memperluas perdamaian antara Israel dan dunia Arab, dan untuk menghadapi tantangan bersama, terutama ancaman yang ditimbulkan oleh Iran.”

Kantor Netanyahu merilis pernyataan terpisah tentang Trump: “Presiden Trump, terima kasih atas semua hal besar yang telah Anda lakukan untuk Israel, terutama pengakuan bersejarah Anda atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan membawa empat perjanjian perdamaian antara Israel dan dunia Arab.”

Kelompok Islam Palestina Hamas, Fawzi Barhoum

“Tidak ada penyesalan atas kepergian Trump, karena dia telah menjadi sumber dan sponsor terbesar ketidakadilan, kekerasan, dan ekstremisme di dunia dan mitra langsung pendudukan Israel dalam agresi terhadap rakyat kami.”

“KAMI. Presiden Joe Biden harus membalikkan arah kebijakan yang salah arah dan tidak adil terhadap rakyat kami dan meletakkan dasar untuk keamanan dan stabilitas di kawasan.”

Pemimpin Oposisi Belarusia, Sviatlana Tsikhanouskaya

“Selamat Joe Biden & Kamala Harris! Harapan terbaik dalam pekerjaan Anda atas nama semua orang Amerika Serikat. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda dalam mengembangkan hubungan antara Belarusia dan AS!”

Jubir Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh

“VANDALISME DIPLOMATIK Trump, Pompeo & rekannya sebagian berasal dari proses kelembagaan yang rusak. Tapi proses yang sama – ketika bencana ‘fungsional’ menghasilkan seperti perang di Irak, Afghanistan & Vietnam. Dunia tahu bahwa hanya AS yang bisa memperbaiki dirinya sendiri – dalam praktiknya; bukan hanya kata-kata.”

Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus

“Selamat Presiden @JoeBiden dan Wakil Presiden @KamalaHarris atas #Inauguration Anda hari ini. Ini untuk dunia yang lebih sehat, lebih adil, lebih aman, lebih berkelanjutan!”

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here