Turki Siap Menormalisasi Hubungan dengan Prancis

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Turki dan Prancis sedang berupaya menormalisasi hubungan dan pembicaraan pun berjalan dengan baik. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu.

“Kami telah mengerjakan rencana tindakan atau peta jalan untuk menormalkan hubungan dan itu telah berjalan dengan baik … Jika Prancis tulus, Turki juga siap untuk menormalisasi hubungan dengan Prancis,” kata Cavusoglu, melansir Reuters, Jumat, 8 Januari 2021.

“Pada akhirnya, kami melakukan percakapan telepon yang sangat konstruktif dengan mitra Prancis saya, Jean-Yves Le Drian dan kami sepakat bahwa kami harus mengerjakan peta jalan untuk menormalkan hubungan,” sambungnya.

Diketahui, bila kedua negara kerap berselisih paham, Prancis menyoroti kebijakan Turki di Suriah, Libya, Laut Mediterania timur, serta Nagorno-Karabakh. Rentetan kejadian ini membuat Prancis mendesak Uni Eropa (UE) memberikan sanksi kepada Turki.

Tahun lalu, kedua negara juga sempat terlibat konflik besar, terkait penerbitan kartun Nabi Muhammad SAW oleh seorang guru di Prancis. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan bahkan berulang kali ‘menyerang’ Presiden Prancis, Emmanuel Macron lewat pernyataannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini