Trump Mengklaim Kim Jong-un Sudah Minta Maaf Terkait Peluncuran Misil

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Presiden AS Donald Trump mengklaim bahwa Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sudah meminta maaf melalui surat resmi karena telah melakukan uji coba misil jarak pendek beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Kim dan pasukannya melakukan peluncuran misil jarak pendek tersebut sebagai bentuk protes atas kegiatan latihan militer bersama Korea Selatan dan tentara AS.

“Melalui surat yang panjang, ia minta maaf atas uji coba misil jarak pendek dan mengeluh soal latihan tersebut,” ujar Trump di akun Twitter-nya, Sabtu 10 Agustus 2019.

Trump mengatakan, Kim berjanji akan menghentikan uji coba misil setelah latihan gabungan militer AS-Korsel selesai. Trump mengunggah serangkaian cicitannya ini saat menghabiskan waktu di klub golf miliknya di New Jersey.

Lebih lanjut, Trump menyebut Kim ingin melakukan pertemuan lagi dengannya seusai latihan militer gabungan AS-Korsel. Ia pun mengaku sudah tak sabar untuk kembali bertemu dengan Kim dalam waktu dekat.

“Saya yakin Korea Utara akan menjadi salah satu negara paling sukses di dunia tanpa nuklir,” kata Trump.

Sementara itu, Korut kembali melakukan ujicoba rudal jarak pendek ke laut, yang menjadi uji coba rudal kelima dalam beberapa pekan terakhir. Rudal itu menempuh jarak 400 kilometer dengan ketinggian 48 kilometer.

Kecepatan maksimum rudal itu lebih dari 6,1 mach dan mendarat di Laut Jepang. Peluncuran itu dilakukan tidak lama setelah Trump mengatakan ia menerima ‘surat yang sangat indah’ Kim Jong-un.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini