Toyota Prado, SUV Nyaman yang Lemot Buat Off Road

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Nama Bupati Pandeglang Irna Narulita yang cantik jelita sedang mendapat sorotan publik karena membeli mobil dinas keduanya sebuah Toyota Prado senilai Rp1,9 miliar dari APBD.

Bupati Irna Narulita. (Faceboook)

Kasubag Perlengkapan Setda Pandeglang, Enjat mengungkapkan Prado akan digunakan untuk tinjauan lapangan yang tak bisa dilakukan Alphard Vellfire, mobil dinas pertamanya.

Benarkah Prado tangguh di lapangan off road?

Laman OtoDriver mencoba melalukan test drive Prado TXL 2018 Maret tahun lalu. Unit yang diuji adalah varian tertinggi Prado dengan segala tambahan aksesoris.

Hasilnya, kendaraan itu memang merupakan SUV dengan tingkat kenyamanan mumpuni karena bantingan suspensinya sangat lembut.

Kenyamanan makin dirasakan penumpangnya karena mampu menghadirkan hiburan yang membuat perjalanan jadi tidak membosankan.

SUV 4X4 itu dilengkapi pabrikannya dengan sistem pengeras suara sebanyak 14 unit yang tersebar di seluruh kabin. Sistem itu melengkapi head unit dengan layar lcd berukuran 10 inci lansiran jepang.

Untuk manuver kendaraan di lahan sempit pun semakin baik berkat 4 buah kamera di keempat sisi mobil.

Namun OtoDriver tidak menemukan kegarangan mesin bensin 2TR-FE dual VVT-I 2.693 cc yang menjadi dapur pacunya. Tenaga sebesar 164 daya kuda serta torsi 245 Nm kurang memadai untuk melibas medan berat.

Itu karena bobot Prado cukup berat untuk kemampuan mesin bensin itu. Berat kosongnya lebih dari 3 ton.

Kekurangan lainnya jenis itu tidak memiliki varian bermesin disel yang relatif lebih irit dan bertenaga dibandingkan mesin bensin.

Untuk kendaraan dinas untuk pekerjaan lapangan, Prado ini memang sangat memanjakan penumpangnya. Tetapi harganya yang hampir Rp2 miliar dirasakan masyarakat Pandeglang tidak pantas dijadikan kendaraan dinas Bupatinya.

Jika perlu tunggangan 4X4 yang mumpuni untuk bekerja di lapangan offroad sebenarnya masih banyak kendaraan lain yang lebih murah tapi tangguh.

Sebut saja, Mitsubishi Triton yang memiliki varian mesin bensin dan disel. Kendaraan ini sudah diakui banyak perusahaan tambang yang menjadikan kendaraan operasional sehari-hari. Jika mau yang agak nyaman lagi mungkin bisa memilih Izusu MUX.

Kedua merek kendaraan itu harganya jauh di bawah Prado yaitu hanya berkisar Rp 400 juta sampai Rp 500 jutaan saja.

Mungkin karena Bupati Pandeglang cantik jadi butuh kendaraan yang lebih mahal untuk mengimbangi kecantikannya ya?

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini