Torehkan Segudang Prestasi, TNI dapat Apresiasi dari Jokowi

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Segudang prestasi pernah ditorehkan oleh para prajurit TNI di kancah internasional. Salah satunya menjadi juara menembak se-ASEAN di Malaysia tahun 2018 silam. prestasi itu mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri upacara peringatan HUT TNI di Halim, Jakarta, Sabtu 5 Oktober 2019.

Jokowi mengatakan bahwa prajurit tak hanya berhasil menjaga NKRI, namun juga mampu memberikan kontribusinya kepada dunia luar.

“Selamat dan sangat berbangga atas keberhasilan saudara-saudara, yang telah berhasil menjadi juara pada lomba menembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-28 tahun 2018 di Malaysia. Serta kesuksesan pada lomba menembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM), yang dengan senjata buatan Pindad telah berhasil menjadi juara 12 kali berturut-turut,” ujar Jokowi.

Jokowi pun mengatakan bahwa dalam setahun terakhir ini, TNI telah menorehkan sejarah baru. Misalnya, pada Desember 2018, telah diresmikan pangkalan militer terpadu di Natuna yang akan disusul dengan empat pangkalan serupa di Biak, Morotai, Merauke, dan Saumlaki.

“Kemudian, pada 30 Juli 2019, telah dibentuk Komando Operasi Khusus (KOOPSUS) yang akan mendukung penanganan terorisme.Latihan gabungan Dharma Yudha juga telah sukses dilaksanakan di awal bulan September 2019, yang melibatkan 12.500 prajurit dari tiga matra dan menjadi ajang unjuk teknologi baru,” kata dia.

Lalu pada 27 September 2019, telah dibentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (KOGABWILHAN) di Tanjung Pinang, Balikpapan, dan Biak. Kehadiran KOGABWILHAN akan meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan krisis dan meningkatkan daya gentar TNI.

“Semua ini menandai pergeseran budaya militer di TNI kita, yang tadinya terpilah-pilah di masing-masing matra, kemudian menjadi terpadu dalam lingkup Tentara Nasional Indonesia dan semakin didukung oleh profesionalisme prajurit,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengucapkan selamat atas hari jadi TNI.

“Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh TNI,” ujar Jokowi.

Dia juga mengatakan bahwa bangsa Indonesia menyampaikan penghargaan khusus kepada para prajurit TNI yang gugur saat menjalankan tugas demi tegaknya kedaulatan NKRI.

“Rakyat Indonesia selalu bangga kepada saudara-saudara semua, kepada TNI, yang selalu berada di baris terdepan dalam menjaga NKRI, yang tidak kenal menyerah dalam menjaga kepentingan nasional, serta yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan,” kata Jokowi.

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini