Home News Toleransi Penting karena Indonesia Rumah Milik Bersama

Toleransi Penting karena Indonesia Rumah Milik Bersama

0
235
dari mediaindonesia.com

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dewan Penasehat PPIM UIN Jakarta Prof Dr Jamhari Makruf menegaskan bahwa terciptanya toleransi itu penting karena Indonesia adalah rumah milik bersama. Maka ia mengatakan bahwa untuk mencegah toleransi adalah tugas  bersama.

“Cegah intoleransi adalah tugas kita bersama , karena rumah Indonesia adalah milik kita bersama,” kata Jamhari Makruf dalam Webinar ‘Kebhinekaan di Menara Gading : Toleransi Beragama di Perguruan Tinggi’ pada Senin 1 Maret 2021.

Ia juga mengingatkan bahwa di tengah kemajemukan ini, intoleransi masih menjadi penyakit akut. Anggapan ini muncul karena sejatinya Indonesia lahir dari kondisi bangsa yang majemuk atau beranekaragam suku, agama dan budaya.

Namun di dalam kondisi kemajemukan ini ternyata masih ada permasalahan intoleransi sehingga setiap stakeholder hingga masyarakat tidak bisa hanya berdiam diri.

“Diam saja tidak cukup tapi harus bekerja aktif. Aktif lawan intoleransi,” kata Jamhari Makruf.

Hal ini tidak lepas dari praktik intoleransi yang masih terjadi di Indonesia, termasuk di masa pandemi seperti ini. Berdasarkan riset SETARA Institute for Democracy and Peace, terdapat beberapa pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan. Mulai dari penggerebekan peribadatan di rumah seorang penganut Nasrani di Cikarang hingga sekelompok orang yang mengganggu ibadah jemaat HKBP KSB di Kabupaten Bekasi 13 September 2020 lalu.

Melihat kondisi ini Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Beka Ulung Hapsara pernah menegaskan bahwa seharusnya kondisi pandemi mempererat solidaritas kemanusiaan.

“Kondisi saat ini seharusnya mempererat solidaritas kemanusiaan termasuk menghormati ibadah dan hak kebebasan beragama dan berkeyakinan, bukan sebaliknya,” kata Beka.

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here