Tokoh Papua: Optimalkan SDM Terbaik Papua dalam Membangun Negara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tokoh Papua, Laksamana Madya (Purn) Freddy Numberi menegaskan bahwa untuk membangun rasa cinta terhadap negara, perlu ada upaya khusus. Salah satunya, dengan mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) asli Papua dengan kualitas terbaik.

“Distribusikan orang Papua yang pintar-pintar di kementerian yang ada, kalau pun mereka dari luar negeri tampung mereka sebagai pegawai honorer,” kata Freddy Numberi dalam Simposium Nasional bertajuk ‘Dialog Papua: Refleksi, Visi dan Aksi’ di Kanal Youtube HUMAS SIL dan SKSG UI, Minggu 23 Mei 2021.

Freddy menilai dengan cara ini, diharapkan SDM Papua terutama generasi muda bisa semakin menyatu dengan Indonesia. Apabila hal ini bisa berjala dengan baik maka akan terbentuk sebuah karakter sebagai anak bangsa.

“Kalau dia bagus, dia best , pakai dia mulai dari awal supaya belajar bagaimana menjadi Indonesia , ada character building change gitu lho,” kata Freddy.

Usulan untuk melibatkan SDM terbaik Papua khususnya generasi muda juga pernah dikemukakan oleh tokoh pemuda Papua, Samuel Tabuni. Ia meminta kepada pemerintah agar anak-anak muda Papua bisa dilibatkan dalam pembangunan nasional.

“Sekarang kalau anak muda (Papua) tidak kita rangkul tidak kita berikan ruang untuk terlibat dalam semua kebijakan nasional maupun provinsi itu, Papua nggak ada masa depan,” kata Samuel Tabuni.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini